VBA di Microsoft Access 1997 dan versi setelahnya

Terdapat perbedaan utama antara VBA di dalam Microsoft Access 97 dan VBA di dalam Microsoft Access versi setelahnya, yaitu hadirnya ADO (ActiveX Data Objects) di dalam Microsoft Access 2000 dan versi setelahnya (XP/2003). ADO inilah yang menggantikan pendahulunya yaitu DAO (Data Access Objects) dan RDO (Remote Data Objects). ADO merupakan library yang memuat statement-statement sistem koneksi data antara satu database dengan database lainnya secara kompleks. Dengan ADO, Anda dapat menghubungkan konekasi ke dalam satu database dari provider-provider yang cukup banyak secara bersamaan, seperti Microsoft Jet, Microsoft SQL Server, Oracle, dan lain-lain.

Test Program : Hallo VBA-Access

Sekarang kita akan mencoba membuat program sederhana untuk mengetahui bagaimana cara menghubungkan VBA dengan object Access, dimana pada latihan ini menggunakan control text box dan command button yang berinteraksi dengan class module form tersebut.

1.      Buatlah database baru, Save dengan nama “01_HalloVBA-Access.mdb”.

2.      Pada database Access, pilih object forms, kemudian klik New. Pilih design view.

3.      Tambahkan pada form ini Text Box. Pada properties Name, isi dengan “txtNama”.

4.      Tambahkan pula command button. Pada properties Name, isi dengan “cmdHalloVBA_Access”. Pada properties event On Click, klik tombol (…), kemudian pilih Code Builder. Sisipkan kode dibawah ini:

Private Sub cmdHalloVBA_Access_Click()

    MsgBox “Selamat belajar VBA-Access, ” & Me![txtNama] & “!” _

        & vbCrLf & “Semoga Anda sukses…”, vbOKOnly, _

        “VBA-Access”

End Sub

5.      Save form ini dengan nama “frmHalloVBA_Access”, kemudian jalankan. Maka akan muncul form sebagai berikut:


Gambar Program Hallo VBA-Access

6.      Ketikkan nama Anda pada field “Nama Anda”, kemudian klik tombol “Hallo VBA-Access”, maka akan muncul MsgBox sebagai berikut:


Gambar Hasil yang muncul ketika tombol “Hallo VBA-Access” diklik

Keterangan: Form yang Anda buat mungkin tidak sama persis dengan yang penulis buat, namun itu tidak masalah, karena perbedaan bukan pada hal utama, melainkan dalam hal design form saja, seperti warna control, format fonts dan format form.

Leave a Reply

%d bloggers like this: