Pengertian Objects, Properties, Methods, dan Events di Dalam VBA

Object didalam VBA adalah suatu elemen didalam aplikasi yang dibuat, seperti form, text box, combo box, line, report, dan lain-lain. Contoh:

Sub CloseAll()

    Forms.Close

End Sub

Properties adalah nilai atau value dari suatu object. Misalnya kita ingin merubah properties caption suatu form, maka kodenya adalah:

Sub ChangeName(newTitle)

    myForm.Caption = newTitle

End Sub

Methode adalah suatu aksi yang dapat dilakukan oleh oleh suatu object, seperti menambah data pada suatu combo box. Contoh:

Sub AddEntry(newEntry As String)

    Combo1.Add newEntry

End Sub

Sedangkan Event adalah suatu aksi spesifik yang terjadi didalam atau terhadap suatu object, misalnya saat mouse diklik, saat form dibuka, saat form aktif, saat form diclose, saat data berubah, dan lain-lain. Umumnya event terjadi karena adanya tindakan yang dilakukan oleh user. Hampir control-control yang terdapat pada Microsoft Access, seperti Text Box, Label, Combo Box, Check Box, dan control lainnya sudah disertakan event didalamnya.


Gambar Contoh event pada suatu form didalam Access

Didalam Event, terdapat tiga metode untuk mengisi nilai suatu event, yaitu:

        Expression Builder, dimana pengisian nilai dilakukan melalui kotak expression yang disediakan oleh Access. Beberapa rumus-rumus sudah tersedia secara lengkap, kita tinggal memasukkannya sesuai dengan keperluan.

        Macro Builder, dimana pengsisiannya menggunakan fasilitas Macro yang mana action-actionnya sudah disediakan oleh Access.

        Code Builder, dimana pengisiannya menggunakan VBA. Keunggulan metode ini dibanding dengan metode lainnya adalah dengan VBA Anda dapat membuat suatu procedure secara kompleks. Bahkan seandainya terjadi error, VBA dapat mengatasi dengan fasilitas error handling.

Contoh penggunaan event:

Private Sub cmdConnect_Click()

    Call Connect_To_Child_Database

End Sub

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: