MUKJIZAT-MUKJIZAT NABAWIAH, PENDAPAT DIANTARA ORANG-ORANG YANG KETERLALUAN DAN CEROBOH

MUKJIZAT-MUKJIZAT NABAWIAH,
PENDAPAT DIANTARA ORANG-ORANG YANG KETERLALUAN DAN CEROBOH
Dr. Yusuf Al-Qardhawi
 
Pertanyaan:                                            (1/2)
 
Kami sedang berbincang-bincang dalam suatu  majelis  tentang
Nabi  saw.  dan  mukjizat-mukjizatnya sehubungan dengan hari
kelahirannya,  dan  tanda-tanda   yang   terjadi   menjelang
kelahirannya   yang  banyak  diceritakan  dalam  kitab-kitab
cerita Maulid yang biasanya dibaca  di  berbagai  negara  di
setiap menjelang datangnya bulan Rabiul Awwal.
 
Tetapi,   salah   seorang   hadirin  mengingkari  terjadinya
peristiwa-peristiwa luar  biasa  ini  dan  mengingkari  pula
mukjizat-mukjizat  nyata  dari  Rasulullah  saw. yang sering
disebut-sebut atau  tercantum  dalam  kitab-kitab,  misalnya
"telur  merpati  di  mulut  gua  ketika berlangsung hijrah,"
"pembuatan sarang laba-laba," "kijang yang berbicara  kepada
beliau,"  "rintihan  batang  kurma  kepada  Nabi  saw."  Dan
lain-lain yang terkenal diantara masyarakat Muslim.
 
Alasannya ialah, bahwa Rasulullah saw. Hanya  memiliki  satu
mukjizat  yang  nyata yaitu Al-Qur'anul Karim, dan ia adalah
mukjizat  akliah  yang   teristimewa   dibandingkan   dengan
mukjizat-mukjizat para Rasul terdahulu.
 
Kami  harapkan  penjelasan  Al-Ustadz  tentang  masalah  ini
dengan disertai dalil-dalil.
 
Semoga Al-Ustadz diberi umur panjang  bagi  Islam  dan  kaum
Muslimin.
 
Jawab:
 
Pengingkaran tersebut, yang diceritakan olch Saudara penanya
dari  salah  seorang  di  majelisnya,  sebagian  benar   dan
sebagian lagi salah. Tidaklah semua mukjizat Rasulullah saw.
yang nyata  dan  tersiar  di  antara  orang-orang  merupakan
riwayat  yang  shahih  dan  benar,  dan  tidak juga semuanya
salah.
 
Keshahihan dan kesalahan dalam masalah-masalah ini  tidaklah
semata-mata  disebabkan  oleh  pendapat  atau hawa nafsu dan
emosi, tetapi ditentukan oleh sanad-sanad.
 
Orang-orang  dalam  masalah  ini  -masalah   mukjizat   Nabi
Muhammad saw. yang bersifat material- ada tiga macam:
 
Pertama:   Orang   yang  berlebihan  dalam  membenarkan  dan
menjadikan sanad dan dalil  adalah  sesuatu  yang  tercantum
dalam  kitab-kitab, apakah itu merupakan kitab ulama periode
terdahulu maupun belakangan, yang menyaring  riwayat-riwayat
atau  tidak,  yang  bersesuaian  dengan  pokok-pokoknya atau
bahkan menyalahinya, dan  apakah  kitab-kitab  itu  diterima
oleh para ulama peneliti atau tidak.
 
Yang  penting  hal  itu  diriwayatkan  dalam  sebuah  kitab,
meskipun tidak diketahui pengarangnya, atau disebutkan dalam
sebuah  kasidah  yang  berisi pujian terhadap Nabi saw, atau
dalam kisah Maulid yang sebagiannya dibaca di  bulan  Rabiul
Awxval setiap tahun dan sebagainya.
 
Ini pemikiran awam yang tidak perlu dibicarakan. Kitab-kitab
itu berisi riwayat yang baik dan  buruk,  benar  dan  salah,
shahih? dan palsu (dibuat-buat).
 
Peradaban  agama  kita  telah  tercemar  oleh para pengarang
semacam  ini,  yang  menerima  "kisah-kisah  khayalan"   dan
mengisi  lembaran  kitab-kitab  mereka,  meskipun  menyalahi
riwayat yang shahih dan akal sehat.
 
Sebagian pengarang  tidak  memperhatikan  kebenaran  riwayat
dari  kisah-kisah  ini  dengan  alasan tidak ada hubungannya
dcngan penetapan hukum syariat,  baik  mengenai  halal  atau
haram  dan sebagainya. Oleh karena itu, apabila meriwayatkan
mengenai  halal  dan  haram,  mereka  bersikap  keras  dalam
menyelidiki  sanad-sanad, mengkritik para rawi dan menyaring
riwayat-riwayatnya.
 
Namun, apabila  meriwayatkan  tentang  amalan-amalan  utama,
At-Targhib  wat-Tarhib,  misalnya  mukjizat  dan sebagainya,
mereka pun menyepelekan dan bersikap toleran.
 
Ada pula  pengarang  yang  menyebut  riwayat-riwayat  dengan
sanad-sanadnya - Fulan dari Fulan dari Fulan - tetapi mereka
tidak memperhatikan nilai  sanad-sanad  ini.  Apakah  shahih
atau  tidak? Nilai para rawinya, apakah mereka tsiqat (dapat
dipercaya), dapat diterima,  lemah  tercela,  atau  pendusta
tertolak?  Mereka  beralasan  bahwa  apabila mereka menyebut
sanadnya, maka mereka telah bebas dari  tanggung  jawab  dan
terlepas dari ikatan.
 
Hal itu hanya cocok dan cukup bagi para ulama di zaman-zaman
permulaan. Adapun di zaman-zaman  belakangan,  khususnya  di
masa  kita  seperti  sekarang  ini,  maka  penyebutan  sanad
tidaklah berarti  apa-apa.  Orang-orang  hanya  mengandalkan
penukilan dari kitab-kitab tanpa memandang sanad.
 
Ini  adalah  sikap  mayoritas penulis dan pengarang di zaman
kita  ketika  mereka  mengutip  dari  Tarikh  Thabari   atau
Thabaqat Ibnu Sa'ad dan lain-lain.
 
Kedua:  Orang  yang berlebihan dalam menolak dan mengingkari
mukjizat-mukjizat  dan  tanda-tanda  alamiah   yang   nyata.
Alasannya  dalam hal itu ialah, bahwa mukjizat Nabi Muhammad
saw. adalah Al-Qur'anul Karim.
 
Didalamnya terdapat tantangan agar orang-orang  mendatangkan
(membuat)  Al-Qur'an  seperti  itu, sepuluh surat atau cukup
satu surat saja yang seperti itu.
 
Tatkala kaum  musyrikin  minta  dari  Rasulullah  saw.  agar
mengeluarkan     tanda-tanda     alamiah    supaya    mereka
mempercayainya, maka turunlah ayat Al-Qur'an yang menyatakan
penolakan tegas terhadap permintaan mereka.
 
Allah Ta'ala berfirman:
 
"Dan   mereka   berkata,  'Kami  sekali-kali  tidak  percaya
kepadamu hingga kamu memancarkan mata air  dari  bumi  untuk
kami'."(Q.s. Al-Isra':90).
 
"Atau  kamu  mempunyai  sebuah  kebun kurma dan anggur, lalu
kamu  alirkan  sungai-sungai  di  celah  kebun  yang   deras
alirannya. " (Q.s. Al-Isra':91).
 
"Atau  kamu  jatuhkan  langit  berkeping-keping  atas  kami,
sebagaimana kamu  katakan  atau  kamu  datangkan  Allah  dan
malaikat-malaikat   bertatap   muka   dengan   kami."  (Q.s.
Al-Isra':92).
 
"Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas atau  kamu  naik
ke  langit.  Dan  kami  sekali-kali  tidak  akan mempercayai
kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami  sebuah  kitab
yang kami baca. Katakanlah, 'Maha Suci Tuhanku, bukankah aku
ini  hanya  seorang  manusia  yang  menjadi  Rasul'."  (Q.s.
Al-Isra': 93).
 
Di   tempat  lain,  Allah  menyebut  hal-hal  yang  mencegah
turunnya tanda-tanda alamiah  yang  mereka  usulkan.  Firman
Allah swt.:
 
"Dan  sekali-kali  tidak  ada  yang  menghalang-halangi Kami
untuk mengirimkan (kepadamu) tanda-tanda  (kekuasaan  Kami),
melainkan  karena  tanda-tanda  itu  telah  didustakan  oleh
orang-orang yang  dahulu.  Dan  telah  Kami  berikan  kepada
Tsamud   unta  betina  itu  (sebagai  mukjizat)  yang  dapat
dilihat, tetapi mereka menganiaya unta betina itu. Dan  Kami
tidak    memberi    tanda-tanda    itu    melainkan    untuk
menakut-nakuti." (Q.s. Al-Isra': 59).
 
Dalam  surat  lain   Allah   menolak   permintaan   turunnya
tanda-tanda  yang  lain  dengan  mengatakan  bahwa Al-Qur'an
sendiri sudah cukup untuk menjadi tanda bagi Muhammad saw.
 
Allah Ta'ala berfirman:
 
"Dan apakah tidak cukup bagi mereka  bahwasanya  Kami  telah
menurunkan   kepadamu   Alkitab   (Al-Qur'an),   sedang  dia
dibacakan kepada mereka? Sesungguhnya dalam (Al-Qur'an)  itu
terdapat  rahmat  yang  besar dan pelajaran bagi orang-orang
yang beriman." (Q.s. Al-Ankabut: 51).
 
Hikmah Ilahiah  telah  menghendaki  mukjizat  Muhammad  saw.
merupakan mukjizat akliah dan moral, bukan mukjizat kongkrit
dan material. Hal itu dimaksudkan supaya lebih layak  dengan
kemanusiaan setelah melewati tahap-tahap masa kanak-kanaknya
dan lebih layak dengan tabiat risalah penutup yang kekal
 
Mukjizat-mukjizat nyata berakhir begitu ia  terjadi.  Adapun
mukjizat akliah, ia akan tetap kekal.
 
Hal  itu dikuatkan oleh hadis dalam Shahih Bukhari dari Nabi
saw, beliau bersabda:
 
"Tidak ada seorang  Nabi  diantara  Nabi-nabi  yang  diutus,
melainkan  ia  diberi  tanda-tanda  (mukjizat) dan kepadanya
manusia beriman, tetapi apa yang diberikan  kepadaku  adalah
wahyu  yang  diturunkan  Allah  kepadaku. Maka, aku berharap
menjadi Nabi yang terbanyak pengikutnya diantara mereka pada
hari Kiamat." (H.r. Bukhari).
Menurut  pendapat saya, yang mendorong untuk mengambil sikap
tersebut ada dua perkara:
 
1. Terpukaunya manusia di zaman kita ini oleh berbagai ilmu
pengetahuan (sains) yang berdiri diatas kenyataan,
sebab-sebab dan keharusan pengaruhnya pada musababnya,
sehingga sebagian orang mengira bahwa kelaziman akal tidak
dapat luput dalam suatu keadaan. Maka, api harus membakar,
pisau harus memotong, benda mati tidak mungkin berubah
menjadi hewan, dan orang meninggal tidak mungkin dapat hidup
kembali.
2. Sifat berlebihan pada jenis pertama dalam menetapkan
peristiwa-peristiwa luar biasa sebagaimana perkara hak dan
batil, hingga nyaris membatalkan hukum sebab-sebab dan
ketentuan-ketentuan yang ditetapkan Allah bagi alam semesta
ini.
 
Ketiga:  Pendapat  pertengahan   antara   orang-orang   yang
berlebih-lebihan  dalam  mempercayai  dan  keterlaluan dalam
mengingkari. Ia adalah pendapat yang saya kuatkan  dan  saya
ikuti.
 
Kesimpulan Pendapat Ini:
 
1. Al-Qur'anul Karim adalah tanda terbesar dan mukjizat
pertama dari Rasulullah Muhammad saw. dan Al-Qur'an
merupakan tantangan bagi ahli-ahli sastra bahasa Arab
khususnya dan bagi seluruh manusia umumnya. Dengan
Al-Qur'an, kenabian Muhammad memiliki keistimewaan
tersendiri dibandingkan dengan kenabian-kenabian sebelumnya.
Dalil atas kenabiannya yang benar adalah obyek risalahnya
itu. Ia adalah Kitab yang merupakan mukjizat yang mengandung
hidayat dan ilmu-ilmunya, keindahan lafal dan maknanya serta
penjelasan hal yang gaib di masa lalu, sekarang dan masa
yang akan datang.
2. Allah Ta'ala memuliakan penutup Rasul-rasul-Nya dengan
tanda dan peristiwa luar biasa yang nyata dan
bermacam-macam. Tetapi Allah tidak memaksudkan semua itu
sebagai tantangan, yakni untuk menegakkan hujjah atas
kenabian dan risalahnya yang benar, melainkan sebagai
penghormatan atau rahmat dari Allah dan kekuatan baginya
serta pemeliharaan terhadapnya bersama-sama orang-orang yang
beriman dengannya, jika dalam keadaan sulit. Oleh karena
itu, peristiwa-peristiwa luar biasa itu tidak terjadi untuk
memenuhi permintaan orang-orang kafir, bahkan sebagai rahmat
dan kemuliaan dari Allah bagi Rasul-Nya dan kaum Mukmin.
Dalam hal itu, misalnya peristiwa Isra' yang telah
disebutkan dengan jelas dalam Al-Qur'an; dan Mi'raj yang
diisyaratkan oleh Al-Qur'an dan disebutkan dalam hadis-hadis
yang shahih. Turunnya para malaikat untuk mengukuhkan dan
membela orang-orang yang beriman di Perang Badar, turunnya
hujan untuk memberi minum dan membersihkan mereka,
mengukuhkan kaki mereka pada saat hal itu tidak dialami oleh
kaum musyrikin, padahal mereka berada di dekat kaum
Muslimin. Perlindungan Allah terhadap Rasul-Nya dan
sahabatnya di dalam gua ketika hijrah, dan meskipun kaum
musyrikin menemukan tempat itu, sehingga andaikata salah
seorang dari mereka melihat ke bawah, tentulah kedua orang
itu akan terlihat, dan lain-lain yang tercantum dalam nash
Al-Qur'an.
 
Juga yang sama dengan  peristiwa  itu  adalah  rasa  kenyang
sejumlah besar kaum Muslimin oleh makanan yang hanya sedikit
ketika perang Ahzab dan Tabuk.
 
3. Sesungguhnya kami tidak menetapkan peristiwa-peristiwa
luar biasa semacam ini, kecuali yang telah dinashkan dalam
Al-Qur'an atau disebutkan dalam Sunnah yang shahih. Adapun
yang selain itu dan memenuhi kitab-kitab, maka kami tidak
menerimanya dan tidak memperhatikannya .
 
Di antara hadis-hadis shahih dan kuat, ialah:
 
3.1. Hadis yang diriwayatkan oleh sekelompok sahabat tentang
"rintihan batang kurma" di atas ketika Nabi saw. pertama
kali berkhutbah. Tatkala dibuatkan mimbar baginya dan beliau
berdiri diatasnya untuk berkhutbah, terdengarlah suara dari
batang kurma, seperti induk unta yang meratapi anaknya.
Kemudian Nabi saw. menghampiri dan mengusapkan tangannya
pada pohon itu. Maka, batang kurma itu pun terdiam.
 
Berkata Al-Allamah Tajuddin As-Subki:
"Rintihan batang kurma adalah  mutawatir, karena ia
diriwayatkan oleh sekelompok sahabat, hingga sekitar 20
orang dan banyak perawi yang shahih, sehingga memastikan
terjadinya."
Begitu pula Qadli Iyadl berkata dalam Asy-Syifa': "Hadis itu
mutawatir."
 
3.2. Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim dan
Ashabus Sunan lainnya dari sekelompok sahabat mengenai
"pengadaan air yang banyak dengan cara yang tidak biasa
dilakukan."
 
Hal itu dilakukan dalam peperangan-peperangan dan
perjalanan-perjalanan Nabi saw, misalnya pada perang
Hudaibiyah, Tabuk dan lainnya.
Diriwayatkan oleh Syaikhan, dari Anas bahwa Nabi saw. dan
para sahabatnya berada di Zaura', lalu ia menyuruh mengambil
segelas air. Kemudian beliau mencelupkan telapak tangannya
ke dalam gelas, lalu air terus rnemancar dari celah-celah
jari dan ujung-ujung jarinya. Kemudian para sahabat Nabi
saw. berwudhu dengan air itu.
Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Al-Barra' bin Azib
bahwa mereka berada bersama 1400 orang pada hari Hudaibiyah
dan mereka menguras sumur Hudaibiyah tanpa meninggalkan
setetes pun di dalamnya. Kemudian Nabi saw. mendengar hal
itu dan menghampirinya. Beliau duduk di atas tepinya,
kemudian menyuruh mengambil sebuah bejana berisi air, lalu
berwudhu. Setelah itu, beliau berkumur dan berdoa, lalu
menyemburkannya ke dalam sumur itu. Al-Barra, berkata,
"Kemudian kami meninggalkannya tidak begitu jauh. Maka
keluarlah air dari sumur itu yang mencukupi dan
mengenyangkan ternak-ternak kami serta para pengendaranya."
Banyak sekali hadis yang diriwayatkan mengenai "mengalirnya
air" sebagai mukjizat Rasulullah saw. dengan riwayat yang
shahih.
 
3.3. Riwayat-riwayat yang ada dalam kitab-kitab Sunnah
berupa pengabulan Allah Ta'ala terhadap doa Nabi saw. di
tempat-tempat yang tidak terbilang banyaknya, misalnya untuk
menurunkan hujan, ketika perang Badar agar diberi
kemenangan, bagi Ibnu Abbas agar diberi kepandaian dalam
ilmu agama, bagi Anas agar diberi anak yang banyak dan umur
panjang, bagi sebagian orang yang mengganggunya dan
sebagainya.
3.4. Kabar-kabar yang shahih tentang kejadian-kejadian yang
bakal terjadi, sebagaimana diberitahukan oleh Rasulullah
saw. sebagian di masa hidupnya dan sebagian sesudah
wafatnya, misalnya penakluk negeri Yaman, Basrah dan Persia.
Sabda Nabi saw.: "Engkau akan dibunuh oleh golongan yang
zalim." Sabda Nabi saw. Tentang Al-Hasan: "Sesungguhnya
putraku ini adalah pemimpin dan dengan lantaran Allah akan
mendamaikan antara dua golongan dari kaum Muslimim."
"Pemberitahuannya tentang penaklukan Konstantinople dan
lainnya."
 
4. Adapun peristiwa-peristiwa luar biasa dan mukjizat-
mukjizat yang yang tidak sah riwayatnya, maka kami tidak
membenarkan dan mengesampingkannya, meskipun tersiar di
antara ummat Muslim.
Kami anggap cukup disini mengenai riwayat, bahwa ketika Nabi
saw. bersembunyi di dalam gua sewaktu hijrah ke Madinah,
datang dua ekor merpati bertelur di mulut gua di samping
sebatang pohon yang tumbuh, lalu menutupi pintu masuk gua.
Kisah ini tidak tercantum dalam hadis shahih, hasan maupun
dhaif.
Adapun pembuatan sarang laba-laba di gua, maka terdapat
riwayat mengenai itu yang dinilai hasan oleh sebagian ulama
dan dinilai lemah oleh sebagian lainnya. Pada lahirnya,
Al-Qur'an menunjukkan bahwa Allah Ta'ala menolong Rasul-Nya
ketika hijrah dengan pasukan yang tidak terlihat.
Firman Allah swt.:
"Maka Allah menurunkan ketenanganNya kepada (Muhammad) dan
menolongnya dengan pasukan yang tidak dapat kamu lihat."
(Q.s. At-Taubah: 40).
Laba-laba dan merpati adalah pasukan yang terlihat dan tiada
keraguan bahwa pertolongan dengan pasukan yang tidak
terlihat dan tidak tersentuh lebih menunjukkan kekuasaan
Ilahi dan kelemahan manusia. Peristiwa-peristiwa luar biasa
ini tersiar diantara mayoritas Muslimin disebabkan adanya
puji-pujian Nabawi dari para ulama periode belakangan,
khususnya "Burdah" oleh Al-Bushiri vang mengatakan:
 
Mereka mengira merpati tidak bertelur dan
aba-laba tidak bersarang
untuk melindungi sebaik-baik mahluk
Perlindungan.Allah sudah mencukupi
tanpa baju besi berlapis maupun
benteng yang tinggi.
Inilah sikap kami terhadap  peristiwa-peristiwa  luar  biasa
dan  mukjizat-mukjizat  Nabawi  yang dinisbatkan kepada Nabi
saw.
 
Wabillaahit Taufiq.
---------------------------------------------------
Sumber: http://media.isnet.org

Leave a Reply

%d bloggers like this: