Modules

Modules adalah salah satu object didalam Microsoft Access, sama seperti form dan report. Modules inilah yang memuat berbagai deklarasi, statement, dan procedure yang dapat disimpan secara bersama-sama. Modules menyimpan semua code VBA yang hendak Anda hubungkan ke berbagai object didalam Microsoft Access. Microsoft Access mempunyai dua type modules, yaitu class module dan standard module.

Class Module

Class module digunakan untuk membuat suatu fungsi serta definisi untuk sebuah object baru (custom object). Class module ini terdiri atas dua bagian, yaitu class module yang disimpan didalam object form dan report, serta class module yang disimpan didalam modules. Sejak Microsoft mengeluarkan Microsoft Access 97, class module dapat dibuat secara terpisah, dan disimpan diluar form atau report, yaitu disimpan bersama-sama dengan module didalam object modules. Sedangkan di dalam Microsoft Access 95, class module hanya dapat disimpan didalam suatu form atau report. Class module yang disimpan didalam modules, bentuk iconnya adalah  .

Standard Module

Berbeda dengan class module, standard module memuat code VBA yang tidak berhubungan dengan object lain. Standard module ini adalah code VBA umum yang paling sering digunakan dan dapat dijalankan dimana saja, baik itu di query, form, report, macro, bahkan didalam module yang lain. Jadi perbedaan yang paling mencolok antara class module dengan standard module adalah bahwa standard module tidak berhubungan dengan object-object yang terdapat didalam Access secara langsung (artinya ia berdiri sendiri) tapi standard module ini dapat dijalankan oleh semua object didalam Access. Standard module yang disimpan didalam modules, bentuk iconnya adalah  .

 
 


 
 

<

p style=”text-align:center;”>Gambar Contoh class module dan standard module pada modules

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: