Mengakses suatu object dan nilai (value) Access ke dalam VBA

Didalam Access terdapat object-object yang dapat diakses langsung nilainya dari atau kedalam VBA, seperti table, query, form, report, dan lain-lain. Untuk menunjuk object-object tersebut, diperlukan suatu statement spesifik yang dapat dituliskan syntaxnya sebagai berikut: 

Access_Object![Nama_Object]![Nama_Control].Nama_Property

Misalnya saja Anda hendak mengakses nilai atau value dari field OrderID yang terdapat pada form Orders. Maka Anda dapat menuliskannya sebagai berikut:

Forms![Orders]![OrderID]

Properties suatu control dapat juga diset melalui VBA, misalnya saja Anda hendak menset property Default Value dari field OrderDate, maka penulisannya adalah sebagai berikut:

Forms![Orders]![OrderDate].DefaultValue

Bahkan Anda dapat pula menunjuk nilai dari suatu combo box atau list box yang menggunakan row source secara multi column. Penulisan nomor kolom dimulai dari nol, yaitu jika nomor kolom tersebut nol maka kolom tersebut adalah kolom kesatu, dan jika nomor kolom tersebut satu maka kolom tersebut adalah kolom kedua. Misalnya saja Anda hendak mengambil nilai dari combo box OrderID yang terdapat pada kolom kedua dari row source combo box tersebut, maka penulisannya adalah sebagai berikut:

Forms![Orders]![OrderID].Column(1)

Leave a Reply

%d bloggers like this: