Mendeklarasikan ADO didalam VBA Access

Untuk mendeklarasikan variable dan instance baru dari berbagai object ADO, Anda bisa menggunakaan dua metode, yaitu dengan Dim atau dengan CreateObject.

Dengan metode Dim

Anda dapat menggunakan kode New dengan kode Dim untuk mendeklarasikan object ADO didalam satu langkah saja. Contoh:

Dim conn As New ADODB.Connection

Tapi Anda dapat juga mendeklarasikan seperti contoh sebagai berikut:

Dim conn As ADODB.Connection

Set conn = New ADODB.Connection

Sebenarnya, Anda tidak perlu menambahkan kata “ADODB” seperti diatas saat mendeklarasikan variable object ADO yang dibuat. Itu digunakan jika dalam reference library VBA Anda menggunakan 2 model pemrograman, yaitu ADO dan DAO. Dikhawatirkan jika tidak menambahkan kata “ADODB”, lalu Anda lupa di VBA Anda menggunakan ADO dan DAO, maka kemungkinan besar program yang Anda buat akan mengalami error. Jika Anda yakin dalam VBA Anda hanya menggunakan ADO, cukup mendeklarasikannya seperti contoh berikut:

Dim conn As New Connection

Jika Anda ingin menggunakan kedua-duanya (ADO dan DAO), lalu ingin mendeklarasikan variable untuk masing-masing model pemrograman tersebut, harus menambahkan kodenya diawal pendeklarasian. Contoh:

Dim adoRS As ADODB.Recordset ‘Deklarasi untuk ADO

Dim daoRS As DAO.Recordset ‘Deklarasi untuk DAO

Dengan metode CreateObject

Dengan motode CreateObject, pendeklarasian dan inisialisasi object harus menggunakan dua langkah seperti contoh berikut:

Dim conn1

Set conn1 = CreateObject(“ADODB.Connection”) As Object

Deklarasi dan inisialisai object dengan metode ini lebih lambat dibanding dengan metode Dim. Jadi saran penulis, sebaiknya menggunakan metode Dim saja.

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: