Membuat Program Multiuser Dengan Front-End Microsoft Access dan Back-End Microsoft SQL Server (Bagian Terakhir)

Bagaimana Memperkecil Size Log Yang Selalu Membesar?

Dahulu pada SQL Server 7.0 ada fasilitas Truncate dan Shrink, namun pada SQL Server 2005 hanya tinggal Shrink, sehingga untuk memperkecil size log, kita bisa menggunakan script sbb:

USE NamaDatabase

GO

DBCC SHRINKFILE(NamaDatabase_log, 1)

BACKUP LOG NamaDatabase WITH TRUNCATE_ONLY

DBCC SHRINKFILE(NamaDatabase_log, 1)

GO

Saya Masih Ragu-Ragu Akan Metode Link Table Ini, Apakah Memang Benar Tidak Ada Masalah Nantinya?

Keragu-raguan adalah salah satu kendala serius untuk belajar. Merupakan masalah ketika sahabat ragu, kemudian sahabat menjadi tidak melakukan ini dan itu, tenggelam dalam keraguan: Apakah benar? Apakah nanti tidak lambat? Bukankah kata orang kalau metode ini, nantinya anu dan anu? Saya telah maju beberapa langkah sebelum sahabat melangkah, sedangkan sahabat masih diam dalam garis Start, sambil menanti kepastian: Metode mana yang hendak sahabat tempuh.

Saya hanya mengajak dan berbagi pengalaman. Bila sahabat hendak menggunakan metode ini, tidak menguntungkan saya, dan bilamana sahabat hendak menggunakan metode lain, pun tidak merugikan saya. Karena saya telah mengalami: Mencoba dan run secara live untuk beberapa periode waktu tertentu.

Dengan metode ini, sahabat seakan-akan masih berada dalam suasana kekeluargaan Access yang hangat, dimana sahabat sudah merasa betah didalamnya, sudah terbiasa menggunakannya, sudah tiada jarak dan rasa sungkan, mudah melakukan ini dan itu. Maka dapat diharapkan: Sahabat akan mengalami seminimal mungkin kesulitan dan kendala saat menggunakan metode ini. Karena mungkin dalam hati sahabat ingin menggunakan SQL Server, namun sahabat tidak ingin kehilangan kemudahan didalam Access. Maka inilah sudah saya terangkan seluruh metode serta jalan-jalannya.

Apakah Seluruh Artikel Ini Bisa Dibukukan atau Di PDF kan?

Telah saya upload di blog saya ini, dan juga pernah saya publish dimilis yang kita cintai : milis belajar-access.

Apakah Mencukupi Seluruh Informasi Pada Artikel Ini Untuk Memulai Pembuatan Program Multiuser Dengan Front-End Microsoft Access dan Back-End Microsoft SQL Server?

Insya Allah sangat mencukupi. Anda mungkin tidak menemukan artikel seperti ini di Google. Artikel ini sebagai pembuka wawasan untuk sahabat. Maka kini sahabat ada gambaran jelas: Apa saja yang harus disiapkan dan ilmu apa yang harus dipelajari. Semuanya sedikit demi sedikit, secara tahap demi tahap.

Bagaimana Mengatasi Table Yang Corrupt Pada Database SQL Server

Cukup run script berikut:

DBCC DBREINDEX (NamaTablenya, ‘ ‘, 90)

Apakah Sebelumnya Sudah Pernah Dibahas MSDE dan SQL Server Express?

Ya, saya sudah pernah membahas keduanya dimilis ini secara detail. Silahkan dicari kembali.

Bagaimana Membuat Permission Per User?

Miliki sekarang juga Access DVD Collections , lalu pelajari tekniknya.

Apakah dan Apakah…?

Pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sahabat rasakan dihati, dan tidak ada jawabannya pada artikel ini, silahkan sahabat search di Google, atau bilamana sahabat hendak bertanya lebih lanjut bisa Kursus Access langsung kepada saya. Mohon maaf sekali saya belum dapat aktif dimilis.

PENUTUP

Alhamdulillah, selesai sudah pembahasan “Membuat Program Multiuser Dengan Front-End Microsoft Access dan Back-End Microsoft SQL Server” ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan menjadi amal sholeh untuk penyusun, kontributor dan semua pihak yang terlibat didalamnya.

0 thoughts on “Membuat Program Multiuser Dengan Front-End Microsoft Access dan Back-End Microsoft SQL Server (Bagian Terakhir)

  • 27/12/2013 at 12:22 pm
    Permalink

    Salam Bang Sofyan
    Saya masih kesulitan untuk lakukan backup database MS SQL Server via VBA, mohon pencerahannya bang.

    Reply
    • 29/12/2013 at 3:20 pm
      Permalink

      Salam Mas Samsul, wah saya sebenarnya buat system backup menggunakan fasilitas job SQL Server, blum sempet coba2 pake VBA, mungkin sementara bisa disearch di google dulu ya.

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: