Membuat Program Multiuser Dengan Front-End Microsoft Access dan Back-End Microsoft SQL Server (Bagian 5)

Kini sahabat sudah berada dirumah sendiri: Microsoft Access. Sahabat sudah bisa berbuat bebas dan menghirup udara segar didalamnya. Sahabat sudah terbiasa beraktifitas ini dan itu, tidak canggung, dan sudah hapal apa saja yang harus dilakukan.

SQL Server adalah “tamu spesial” yang akan membantu sahabat. Terhadap tamu spesial ini, Access tidak bisa sama persis dalam memperlakukan sebagaimana pada sesama “anggota keluarga”. Ada tata krama dan aturan yang sedikit berbeda, dan itu semua harus dilakukan agar terjalin kerjasama yang baik antara tuan rumah (front-end) dan tamu spesial (back-end). Diantara adab-adabnya adalah:

  • Ambillah infomasi sesuai yang diperlukan saja
  • Beri masukan yang positif
  • Rekatkan hubungan

Ambillah Infomasi Sesuai Yang Diperlukan Saja

Tidak baik sahabat menguak seluruh data yang disimpan oleh SQL Server. Bila sahabat menggunakan record source secara bound dari table yang sizenya besar (terkait langsung), maka data akan diload seluruhnya, dan ini beresiko terjadinya kepadatan lalu lintas network, pun lebih banyak membutuhkan memori baik dari sisi server maupun client.

Maka untuk transaksi yang akan bertambah dan berkembang menjadi besar, gunakan record source secara unbound, kemudian gunakan ADO dalam seluruh prosesnya, meliputi Add, Edit, Delete, dsb. Kemudian gunakan DAO untuk koneksi kedalam table lokal, misal table temporary dsb.

Sebagai gambaran kira-kira, form untuk aplikasi tatap mukanya adalah sbb:

Dalam desain form tatap muka, bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan sahabat, misal bisa ditambah tombol NEW, DELETE, FIND, dsb. Warna dan desain, bisa apa saja, selama user akan nyaman dalam melihatnya.

Variasi penggunaan ADO ini memang cukup banyak, sehingga sahabat bisa mempelajarinya sendiri. Didalam AccessWeb Indonesia PLUS, saya sudah sertakan berbagai sample penggunaan ADO di VBA, dimana database server yang digunakan adalah SQL Server, dan mohon maaf saya tidak bisa copy semuanya disini.

Intinya, khusus untuk table-table dengan size yang akan membesar, sahabat tidak boleh load seluruh datanya, padahal yg hendak sahabat lakukan hanya untuk meng-edit salah satu record, hanya untuk menambah data baru, atau untuk menghapus record tertentu. Bekerjalah hanya untuk data yang diperlukan saja.

Beri Masukan Yang Positif

Manfaatkan query dengan kriteria. Layaknya Google, SQL Server hanya mengeluarkan data sesuai yang diminta dalam kriterianya. Ketika sahabat membuat kriteria Between… And…, maka query didalam Access akan mengirim perintah ke SQL Server, kemudian SQL Server akan mengirimkan data sesuai yang diminta query. Sangat efektif, dan tidak memboroskan waktu.

Sebagai contoh, tampilannya adalah sbb:

Kendatipun data pada table absensi lebih 1 juta record, 2 juta record, 5 juta record atau bahkan lebih banyak dari itu, SQL Server tidak akan mengirimkan semuanya kedalam PC client, cukup yg diminta oleh querynya saja. Hal ini berlaku untuk form mode datasheet, tabular dan columnar juga. Maka gunakan record source yang bound, namun harus dari query yang diberi kriteria.

Rekatkan Hubungan

Sebagaimana sahabat harus merekatkan hubungan dengan para anak yatim dan fakir miskin, sahabat pun harus mengunakan record source secara bound, khusus untuk table-table dengan “size kecil”, yang statis, jarang bertambah “kekayaan datanya”. Misal, table berisi Master Data Bank. Nomor account dan rekening untuk bank yang digunakan hanyalah ada 10 bank. Maka gunakan record source secara bound ketika sahabat mengakses data kedalamnya. Tidak ada salahnya bila sahabat hendak bound pula ketable-table lainnya yang sizenya “menengah kebawah”. Yang terpenting, pertimbangkan kapasitas netword, hub, PC Server dan PC Client yang sahabat gunakan. Network dengan kapasitas 1 GB lebih baik daripada 10/100. Pun server dengan memori 16GB lebih baik daripada hanya 4 GB. Ingatlah, tidak semuanya harus menggunakan ADO dan Query!

Insya Allah nanti saya sambung kembali…

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: