Kebaikan Yang Sedikit…

Janganlah merendahkan kebaikan disebabkan jumlahnya yang sedikit, barangkali yang sedikit itu akan tumbuh menjadi banyak, berupa dua rakaat pada waktu senggang dipagi hari, mentadaburkan satu ayat, memahami satu hadist, berjalan menuju mesjid di waktu subuh, membangunkan keluarga pada sepertiga malam, menghadiri majelis ilmu, membaca satu lembar kitabullah, mengajarkan doa untuk anak.

Janganlah menganggap remeh disebabkan jumlahnya yang sedikit, barangkali yang sedikit itu dapat menjadi obat yang mujarab atau berkah, mendoakan sejenak orang tua, menanyakan kabar sanak saudara, sepotong nasehat kepada teman, memberi salam kepada sesama, bersedekah sekedarnya, berinfaq dikala sempit, menyingkirkan duri atau paku di jalan, memberi obat kepada orang yang memerlukan, memberitahu alamat kepada orang yang sedang membutuhkan, memberi makan untuk yang kelaparan, memberi semangat kepada teman yang terpuruk, mengucapkan kalimat baik yang pendek.

Semua itu lebih baik jika dilakukan secara terus menerus dan istiqomah dari pada banyak dilakukan dan hanya sekali saja.

Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti Kami mendatangkan (pahala) nya. Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan”.(QS : Al Anbiya:47)

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: