KATA PENGANTAR SYAMSUDDIN

KATA PENGANTAR SYAMSUDDIN

Assalalmu ‘alaikum wr. wb.

Segala puji milik Allah SWT yang telah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada hamba & Rasul-Nya Nabi Muhammad SAW, keluarga, shahabat & pengikutnya hingga akhir zaman. Amiin …

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap & dalam bahasa Arab yang jelas. Al-Qur’an merupakan mukjizat bagi Nabi Muhammad & sebagai sumber hukum Islam, disamping As-Sunnah, Ijma’ Shahabat & Qiyas. Sehingga mempelajari Al-Qur’an merupakan salah satu dari ibadah yang paling utama. Rasulullah SAW bersabda :

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-sebaik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an & mengajarkannya.” (HR. Muslim)

Buku yang diberi judul oleh penulisnya “Belajar mengenal & Mencintai Al-Qur’an” ini mudah-mudahan merupakan salah satu  pengejawantahan dari sabda Rasulullah SAW diatas.

Buku ini disajikan oleh penulisnya untuk memberikan informasi-informasi penting mengenai Al-Qur’an yang sering kurang mendapat perhatian umat Islam. Sehingga lebih menyerupai ringkasan dari bagian-bagian Ulumul Qur’an. Karena berisi ringkasan, tentunya informasi-informasi yang disampaikan oleh penulis dalam buku ini masih terbatas pada apa yang difahami oleh penulis & apa yang dianggap penting untuk disajikan. Akan tetapi tentunya sangat bermanfaat bagi pencinta ilmu, pengemban dakwah & umat secara luas.

Buku ini berisi tentang kedudukan Al-Qur’an, sejarah turun & pembukuannya, asbabun nuzul, qira’at, seputar isinya seperti tujuh huruf & gaya bahasa serta masalah yang berkaitan dengan terjemah, ta’wil & tafsir.

Buku ini mudah-mudahan akan menjadi sumber inspirasi & motivasi bagi pembacanya untuk mengkaji & mendalami ‘Ulumul Qur’an secara utuh dari kitab-kitab karya Ulama Salaf. Khusus bagi penulis, semoga buku ini bukan karya yang pertama & yang terakhir, tetapi akan menjadi pendorong untuk berkarya lebih banyak.

Semoga buku ini menjadi amal shaleh bagi penulisnya & memberi manfaat kepada umat secara luas, terutama bagi para pengemban dakwah seperti yang tercermin dari semangat & motivasi penulisnya. Amiin …

Wassalaamu ‘alaikum wr. wb.

Bogor, Shafar 1424 H

 

 

 

Ir. H. Syamsuddin, MSi

 

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: