KATA PENGANTAR PENULIS

KATA PENGANTAR PENULIS

Assalammu ‘alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, segala puji hanya teruntuk bagi Allah SWT, Tuhan pemilik semesta alam. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan umat Islam, Nabi Besar Muhammad SAW, keluarganya, shahabatnya & umatnya yang senantiasa berpegang kepada aturan Islam.

Al-Qur’an adalah sumber hukum tertinggi yang dimiliki oleh umat Islam. Ia merupakan suatu kitab mulia yang merupakan mukjizat terbesar dari Baginda Muhammad SAW. Mempelajari Al-Quran merupakan perbuatan mulia karena Al-Qur’an mengandung petunjuk yang benar dalam mengarungi hidup untuk mencapai keridlaan Allah SWT. Oleh karena itu para ulama sepakat bahwa ilmu-ilmu yang membahas mengenai Al-Qur’an (tafsir) merupakan ilmu yang paling tinggi & mulia.

Berbekal dengan sedikit ilmu ditambah dengan beberapa buku rujukan, penulis berusaha untuk membuat buku kecil yang mudah dicerna bagi orang-orang cerdas yang ingin mempelajari Al-Qur’an. Buku kecil ini penulis beri judul “Belajar Mengenal & Mencintai Al-Qur’an”. Buku ini merupakan kumpulan makalah penulis yang disusun untuk mengajarkan ilmu-ilmu Al-Qur’an kepada para mahasiswa muslim Majelis Ta’lim Al-Fath, FATETA IPB, pemuda muslim di masjid Nurul Fallah & dibeberapa majlis ilmu lainnya dalam kurun waktu April 2002 – sekarang (April 2003). Makalah-makalah itu penulis himpun & penulis sempurnakan lagi sehingga menjadi buku ini. Semua usaha ini tidak lepas dari bantuan moril & sarana dari akhi Andik Pribadi, Dody Dwi Handoko & Wirilik Gondoyo. Semoga Allah SWT akan membalas jasa mereka.

Buku ini berisi informasi-informasi mengenai Al-Qur’an seperti kedudukan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah SWT, sejarah turunnya ayat & pembukuan Al-Qur’an, seputar  Al-Qur’an seperti asbabun nuzul, tujuh huruf Al-Qur’an, qira’at & gaya bahasa Al-Qur’an, masalah terjemah, ta’wil & tafsir Al-Qur’an serta pertumbuhan & perkembangannya. Disamping itu penulis juga memasukkan beberapa biografi dari mufassir terkenal. Untuk mempermudah pengkajian isi buku, penulis berusaha untuk menyajikan contoh-contoh aktual yang berkembang saat ini seputar kontroversi mengenai Al-Qur’an & umat Islam yang penulis rasakan selama mengemban dakwah Islam. Sehingga diharapkan pembaca dapat mencerna dengan mudah setiap materi yang disajikan.

Penulis berharap buku yang sederhana ini dapat bermanfa’at untuk para pengemban dakwah & pencinta ilmu dalam menjaga keagungan agama ini. Penulis mengerti bahwa buku ini masih sangat sederhana. Sehingga kita belum dapat mengatakan bahwa dengan menguasai buku ini berarti telah mampu untuk menjadi mufassir. Tapi tujuan yang ingin penulis capai dengan menulis buku ini adalah untuk membuat kita sebagai kaum muslimin mengenal & mencintai Kitab (Al-Qur’an) yang mulia ini. Yang mana tujuan ini telah tersirat dari judul yang penulis berikan pada buku ini. Sehingga nantinya akan timbul keinginan yang kuat untuk mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur’an lebih dalam lagi. Rasul SAW bersabda :

تَعَلَّمُوا اْلقُرْآنَ وَسَلُوا اللهَ بِهِ الجَنَّةَ ، قَبْلَ أَنْ يَتَعَلَّمَهُ قَوْمٌ يَسْأَلُوا بِهِ الدُّنْيَا ، فَإِنَّ اْلقُرْآنَ يَتَعَلَّمُهُ ثَلَاثَةٌ: رَجُلٌ يُبَاهِي بِهِ ، وَرَجُلٌ يَسْتَأْكِلُ بِهِ ، وَرَجُلٌ يَقْرَأُهُ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Pelajarilah Al-Qur’an & mintalah kamu surga kepada Allah dengannya, sebelum ia dipelajari oleh suatu kaum untuk memperoleh harta benda (dunia). Sesungguhnya Al-Qur’an itu akan dipelajari oleh tiga macam manusia, yaitu : orang yang akan berbangga diri dengannya, orang yang mencari makan dengannya & orang yang membacanya karena Allah.” (HR Al-Baihaqi, shahih menurut Al-Albani)

Penulis juga mengerti bahwa buku ini masih perlu penyempurnaan. Saran & kritik sangat penulis butuhkan untuk menyempurnakan buku ini. Akhir kata dengan mengharap rahmat Allah SWT, semoga Allah SWT meridlai apa yang kita lakukan. Amiin …

Wassalamu’alaiku Wr. Wb.

Bogor, 19 Oktober 2002

Hormat penulis,

 

 

Ir. M. Fachri Simatupang

 

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: