Hadits Lemah & Palsu 0909

Hadits No. 909
KALAUPUN MATAHARI DILETAKKAN DI TANGAN KANANKU…

Wahai Paman, Demi Allah, kalaupun matahari diletakkan di tangan kananku dan rembulan di tangan kiriku, agar aku meninggalkan perkara ini (penyampaian risalah), sehingga Allah memenangkannya atau aku binasakan, pastilah tidak akan aku meninggalkannya.

Hadits dha’if. Dikeluarkan oleh Ibnu Ishaq dalam al-Maghaazii (I/284-285 tentang “Sirah Ibnu Hisyam”), dengan sanad dari Ya’qub bin Utbah bin al-Mughirah bin al-Akhnas, ia mengisahkan, “Ketika kaum Quraisy mendatangi Abu Thalib untuk memprotes semua kegiatan dakwah Rasulullah saw.; maka Abu Thalib menegur Rasulullah saw. sebagai berikut, Wahai anak saudaraku, sesungguhnya orang-orang Quraisy datang kepadaku lalu memprotes begini dan begitu, karena itu tetaplah denganku dan jagalah dirimu, serta janganlah engkau bebani aku sesuatu yang aku tidak mampu untuk mengembannya.’ Kemudian Rasulullah saw. bersabda …”

Sanad riwayat ini dha’if lagi mu’dhal, sebab Ya’qub bin Utbah adalah seorang tabi’it tabi’in tsiqah lagi masyhur, dan wafat pada tahun 128 Hijriah.

Selain itu, saya dapatkan riwayat senada dengan sanad yang hasan, dan lebih baik dari ini. Karenanya riwayat tersebut saya utarakan dalam kitab Silsilah Hadits-hadits Sahih dengan nomor hadits 92. Wallahu a’lam.

Beri Nilai Artikel Ini:

Istilah Percarian:
wahai paman demi allah kalaupun matahari diletakan di tangan kananku dan rembulan

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: