Hadits Lemah & Palsu 0084

Silsilah Hadits Dha’if dan Maudhu’
Jilid 1 Muhammad Nashruddin al-Albani

Hadits 84 

Kalian semuanya lebih utama darinya.”

Hadits ini dha’if. Saya tidak mendapatkan dalam semua kitab hadits. Namun, saya dapatkan riwayat dari Ibnu Qutaibah dalam kitab Uyun al-Akhbar 1/26, dengan sanad yang sangat lemah yaitu dari Muhammad bin Ubaid, dari Muawiyah bin Umar,dari Abi Ishaq, dari khalid al-Hidza, dari Abi Qalabah, dari Muslim bin Yasar.

Dikisahkan dalam riwayat itu bahwasanya serombongan orang tengah bepergian. Ketika bertemu dengan Rasulullah saw. mereka berkata, “Wahai Rasulullah, sesunggguhnya kami tidak melihat manusia yang lebih utama setelah engkau daripada si Fulan. Ia selalu berpuasa di tengah harinya, di tengah malam selalu menjalankan shalat, sampai kami beranjak pergi. “Beliau kemudian bertanya, “Siapakah dari kalian yang bekerja untuknya (melayaninya)?” Mereka menjawab, “Kami semua, wahai Rasulullah.” Rasul kemudian bersabda, “Sungguh kalian lebih utama darinya.”

Riwayat ini sanadnya sangat lemah. Kendatipun kebanyakan perawinya tsiqah, namun hadits ini mursal. Abi Qalabah sendiri adalah orang yang suka mencampur-aduk perawi antara yang dijumpainya dengan yang tidak dijumpainya, sekalipun ia merupakan seorang faqih tabi’in yang baik. Karena itu, ia pun dimasukkan oleh Burhanuddin al-Halabi dalam kitabnya at-Tabi’in li Asmaa’il-Mudallisin halaman 21. Ibnu Hajar dalam kitabnya Thabaqat al-Mudallisin berkata, “Telah dinyatakan lemah oleh adz-Dzahabi dan al-Ala’i.”

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: