Cara Membuat Link di OpenOffice.org Calc

Pertanyaan:

PROBLEM 1:

Saya sudah membuat link di OpenOffice.org Calc. Namun data dari sumber link tersebut tidak terupdate secara otomatis. Saya harus selalu update link tersebut setiap ingin mengambil data yang terbaru, dan sebelumnya harus di save dahulu data sumber link tersebut. Ini tidak efisien, mengingat data tersebut inginnya online, yakni setiap ada perubahan pada data sumber link, maka data lainnya yang menggunakan data sumber link tersebut ingin berubah pula secara otomatis. Bagaimanakah cara mengatasi problem ini?

PROBLEM2:

Saya membuat dua buah file ODS di OpenOffice.org Calc, yang mana salah satu file nya di proteksi dengan password. Jika saya membuat data link ke file yang di password tersebut, maka data yang ditampilkan menjadi nol (tidak tampil). Namun jika passwordnya dihilangkan, maka baru bisa ditampilkan sesuai data sumbernya. Bagaimanakah cara mengatasi problem ini?

Jawaban:

Ini adalah problem yang seringkali dialami oleh kita yang baru menggunakan OpenOffice.org Calc. Membuat data link pada OpenOffice.org Calc tidak sama dengan membuat link di Microsoft Excel. Jika di dalam Microsoft Excel, kita cukup membuat fungsi sama dengan (=) yang menunjuk langsung ke data sumber, maka di dalam OpenOffice.org Calc harus menggunakan DDE Link. Cara membuat DDE Link adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah file ODS yang pertama, yang mana hendak digunakan sebagai data sumber link. File tersebut boleh di proteksi dengan password, disimpan pada jaringan/network, maupun disimpan di lokal harddisk.
  2. Buka file ODS yang lain, yang hendak menggunakan data link ke file ODS yang pertama diatas.
  3. Masuk ke file ODS yang pertama. Lalu copy data yang hendak dijadikan sumber data link.
  4. Masuk ke file ODS yang kedua. Klik menu Edit -> Paste Special.
  5. Pilih tanda centang “Link“. Lalu klik OK.


  6. Maka secara otomatis OpenOffice.org Calc langsung membuat DDE Link ke file ODS yang pertama tersebut. Contoh tampilan DDE Link adalah sbb:
    {=DDE(“soffice“;”\MisDataMasterMyFile.ods”;”Sheet1.A1″)}
  7. Seandainya hendak menggunakan DDE Link ke Microsoft Excel, maka rumusnya cukup diganti, misal:
    {=DDE(“excel“;”\MisDataMasterMyFile.ods”;”Sheet1.A1″)}

DDE Link berguna untuk membuat data link terupdate secara otomatis. Namun, walaupun secara default menggunakan update data link secara otomatis, ia dapat pula di set secara manual (caranya dengan menset pilihan manual pada menu Edit -> Links). Selain itu, ia dapat mengambil data link dari file ODS yang diproteksi dengan password.

Demikian informasi ini saya sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Best Regards,

Sofyan Efendi.
MIS

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: