Beberapa Object ADO

Berikut ini adalah elemen-elemen yang terdapat didalam object ADO:

        Connection

        Command

        Parameter

        Recordset

        Field

        Error

        Property

        Record

        Stream

Connection

Untuk menghubungkan aplikasi database dengan sumber data, baik didalam database server ataupun database lokal, Anda harus menggunakan connection. Dengan collection, metode, dan properties dari sebuah object connection, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

        Setting konfigurasi koneksi sebelum membuka koneksi tersebut, yaitu bisa dengan statement ConnectionString, ConnectionTimeout, dan properties Mode. ConnectionString adalah koneksi default dari object Connection.

        Setting property CursorLocation, sehingga dapat mengindikasikan lokasi dari cursor service. Cursor adalah sebuah elemen database yang mengontrol lokasi record, dimana ia memiliki kemampuan untuk mengupdate data, dan kemampuan untuk melihat perubahan yang dilakukan terhadap database oleh user lainnya.

        Setting database default yang digunakan untuk koneksi melalui property DefaultDatabase.

        Setting level pemisahan untuk transaksi yang terbuka didalam koneksi menggunakan property IsolationLevel.

        Memilih secara spesifik sebuah provider OLE DB menggunakan property Provider. OLE DB adalah sebuah arsitektur database yang menyediakan network (jaringan) secara effisien dan juga akses internet ke banyak type file sumber data, termasuk didalamnya data link, file mail, spreadsheets, dan lain-lain. Jika Anda telah menginstall Microsoft Office XP, maka secara otomatis Andapun telah menginstall Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider, Microsoft OLE DB Provider for SQL Server, OLE DB Provider for ODBC Drivers, OLE DB Provider for Oracle, dan lain-lain.

        Membuat dan menutup koneksi  dengan motede Open dan Close.

        Menjalankan command (perintah) didalam koneksi dengan motode Execute dan mengkonfigurasi lamanya perintah dijalankan dengan property CommandTimeout.

        Menyusun traksaksi didalam koneksi yang terbuka menggunakan metode BeginTrans, CommitTrans, dan RollbackTrans serta dengan property Attributes.

        Menjelaskan error yang terjadi dengan collection Errors.

        Membaca versi dari implementasi ADO yang digunakan dengan property Version.

        Memperoleh gambaran informasi tentang database yang digunakan oleh Anda dengan metode OpenSchema, dan lain-lain.

Command

Command adalah sekumpulan statement SQL yang digunakan untuk menambah, menghapus, ataupun update data yang terdapat di data sumber, ataupun mengambil kembali data didalam suatu baris (row) yang terdapat di form maupun table. Dengan menggunakan object Command, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

        Mendefinisikan text yang akan dijalankan oleh command (misalnya saja statement SQL) menggunakan property CommandText.

        Mendefinisikan parameter query ataupun argumen stored-procedure menggunakan object Parameter dan collection Parameters, dan lain-lain.

Parameter

Umumnya parameter ini digunakan didalam command. Parameter ini sangat berguna untuk menjalankan command seperti function. Dengan menggunakan Parameter Anda dapat melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

        Mensetting ataupun mengambil nilai dari suatu parameter menggunakan property Value.

        Mensetting ataupun mengambil nama dari suatu parameter menggunakan property Name, dan lain-lain.

Recordset

Recordset adalah sekumpulan data yang mana disini Anda dapat melihat, menambah, mengupdate, serta memeriksa data. Dengan Recordset Anda dapat:

        Memilih secara spesifik baris mana yang akan diperiksa

        Melintasi suatu baris

        Menambah, menghapus, dan update data didalam suatu baris

        Update sumber data melalui perubahan yang terjadi didalam baris, dan lain-lain.

Sebelum membuka suatu Recordset, pastikan Anda telah menset property CursorType yang akan digunakan. Cursor adalah sebuah elemen database yang mengontrol lokasi record, dimana ia memiliki kemampuan untuk mengupdate data, kemampuan untuk melihat perubahan yang dilakukan terhadap database oleh user lainnya, dan lain-lain. Terdapat empat jenis cursor didalam ADO, yaitu:

        Dynamic cursor dimana cursor ini mengijinkan Anda untuk melihat penambahan data, perubahan data, dan penghapusan data oleh user lain.

        Keyset cursor sama seperti dynamic cursor kecuali dalam melihat penambahan dan penghapusan data ia tidak bisa. Jadi hanya bisa melihat perubahan data saja.

        Static cursor Menyediakan copy suatu recordset untuk Anda gunakan dalam mencari data ataupun membuat suatu report. Disini Anda tidak dapat melihat penambahan data, perubahan data, dan penghapusan data oleh user lain.

        Forward-only cursor mengijinkan Anda untuk hanya forward (menampilkan kedepan) data Anda melalui recordset. Disini Anda tidak dapat melihat penambahan data, perubahan data, dan penghapusan data oleh user lain.

Field

Yaitu suatu kolom didalam suatu recordset, dimana bisa terdiri atas satu field atau lebih. Sama seperti field didalam Access MDB, hanya saja ini menggunakan kode dalam memodifikasi data didalam field-field tersebut.

Error

Seandainya terjadi error pada connection, maka Anda bisa menggunakan object Error ini. Error dapat terjadi kapan saja pada setiap program yang Anda buat, ketika terjadi putusnya koneksi yang diakibatkan oleh kerusakan jaringan, ketika menjalankan suatu command, dan lain-lain.

Property

ADO mempunyai dua type property, yaitu:

        Built-in Property

        Dynamic Property

Built-in property adalah bagian dari object ADO dan selalu bisa digunakan karena memang sudah tersedia secara langsung didalam ADO. Sedangkan dynamic property merupakan tambahan property yang disediakan oleh provider, dan akan ada didalam ADO jika kita menggunakan provider tersebut.

Record

Record adalah suatu baris didalam recordset. Jadi record berada didalam suatu recordset. Dengan menggunakan object record ini, Anda dapat mengindikasikan status yang terjadi saat itu terhadap record tersebut menggunakan property State, serta kegunaan-kegunaan lainnya.

Stream

Stream digunakan untuk mengakses data yang berupa data biner atau data text (biasanya terdapat pada data e-mail atau system file).

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: