AGAR RINGAN DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN HIDUP (BAG. 1)

🌍 BimbinganIslam.com
Senin, 21 Shafar 1438 H / 21 November 2016 M
👤 Ustadz Dr. Ainul Haris, Lc. MA
📔 Materi Tematik | Agar Ringan Dalam Menghadapi Permasalahan Hidup (Bag.1)

⬇ Download audio: bit.ly/BiAS-Tmk-AH-ARDMPH-01

AGAR RINGAN DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN HIDUP (BAG. 1)

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله ربّ العالمين والصلاة والسلام على رسول الله الأمين وعلى آله وصحبه أجمعين، أَمَّا بَعْدُ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، أَمَّا بَعْدُ
فإن أصدق الحديث كتاب الله وخير الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم وشر الأمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار وإلى النار

Ikhwān dan Akhawāt rahimani wa rahimakumullāh.

Marilah kita senantiasa berdo’a dan memohon kepada Allāh agar kita dimudahkan dalam segala urusan kita. Agar diberi solusi untuk setiap persoalan yang kita hadapi sehingga kita lebih mudah menjalankan keta’atan kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Di dunia ini, semua orang, tidak peduli apakah dia orang muslim atau orang kāfir, orang kaya atau orang miskin, penguasa atau rakyat jelata, laki-laki ataupun wanita, semuanya ingin menghadapi berbagai persoalan hidupnya dengan ringan, tenang dan tanpa beban.

Ikhwah sekalian rahimani wa rahimakumullāh.

Masing-masing orang memiliki prespektif dan cara pandangnya sendiri-sendiri berkaitan dengan masalah yang dia hadapi dan itu tergantung kondisi masing-masing orang.

Kalau orang miskin yang setiap harinya susah makan, susah mendapatkan tempat tinggal, susah merealisasikan keinginan-keinginannya, dia beranggapan bahwa masalahnya akan selesai apabila dia memiliki banyak uang. Karena dengan begitu dia bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya.

Orang yang menjadi bawahan yang selalu disuruh melayani, yang selalu diberikan perintah dan instruksi. Menurut dia masalah hidupnya akan selesai jika dirinya menjadi atasan. Sehingga gampang dan tinggal menyuruh kepada anak buahnya, karena semuanya sudah ada yang melayani, semua sudah ada yang menyiapkan.

Orang yang tidak dikenal yang kemanapun dia pergi tidak ada yang menyapa atau tersenyum kepadanya (baginya) mungkin penyelesaiannya adalah dengan menjadi orang populer yang senantiasa apabila dia pergi kemana saja, dia dikerubuti orang, disalami orang, dimintai tanda-tangan dan seterusnya. Dan itulah baginya penyelesaian dari persoalan hidupnya.

Anak muda yang sedang dibakar oleh hawa nafsu dan gejolak masa mudanya beranggapan bahwa jiwa mudanya akan selesai untuk dipenuhi apa yang dia inginkan, apabila dia bisa hidup bebas, sebebas-sebebasnya tanpa aturan. Pergi ke diskotik, pergi ke cafe, bahkan hingga menghisab ganja narkoba dan sebagainya,  bagi mereka itu, inilah merupakan penyelesaian dari gejolak masa mudanya.

Dan masih banyak lagi beberapa kondisi-kondisi yang dipandang oleh orang sebagai cara penyelesaian dari masalah-masalah yang dihadapi.

Misalnya:

⇒ Seorang yang tergolek di rumah sakit, dia akan merasa bahwa bebannya akan hilang apabila dia sembuh dari penyakitnya. Meskipun untuk itu dia harus mengeluarkan seluruh hartanya membelanjakan apa yang dia miliki, sehingga dia berpikir yang penting dia bisa sehat.

Hidup menjadi ringan karena tidak lagi mempunyai penyakit dan bebas dari berbagai penderitaan.

⇒ Demikian juga orang yang punya hutang akan merasa lepas dari beban hidupnya jika dia bisa dan mampu untuk melunasi hutang-hutangnya.

Saudaraku rahimani wa rahimakumullāh.

Apabila seseorang merasa ringgan dan terlepas dari beban hidup dengan cara keluar dari masalah yang dihadapi maka betapa banyak manusia di dunia ini yang menderita karena beban hidupnya yang sedemikian banyak.

Sebab mungkin saja dia bisa menyelesaikan satu masalah tetapi masalah-masalah lain menunggu untuk diselesaikan.
Sehingga apabila dikatakan bahwa beban hidup bisa diselesaikan dengan cara keluar dari masalah itu, maka tidak akan orang yang bisa untuk bisa hidup tenang, untuk bisa menghindari dari kesengsaraan dan kesusahan hidup karena setiap orang mesti menghadapi berbagai masalah dengan tingkatnya yang berbeda-beda. Ada yang sulit, ada yang berat, ada yang ringan dan ada yang enteng.

Dan demikianlah masalah-masalah dan problem hidup yang kita hadapi.


Mari bersama mengambil peran dalam dakwah…
Dengan menjadi Donatur Rutin Program Dakwah Cinta Sedekah

  1. Pembangunan & Pengembangan 100 Rumah Tahfizh
  2. Support Radio Dakwah dan Artivisi
  3. Membantu Pondok Pesantren Ahlu Sunnah Wal Jamaah di Indonesia

Silakan mendaftar di :

Hidup Berkah dengan Cinta Sedekah
🌎www.cintasedekah.org
👥 https://web.facebook.com/gerakancintasedekah/

📺 youtu.be/P8zYPGrLy5Q

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: