Sholat Dengan Tanpa CD – Pertanyaan : Assalamu’alaikum w.wb. Ustadz bagaimana hukumnya kalau kita shalat pakai sarung, dan perlengkapan sholat tetapi tidak pakai celanas dalam, karena saya pernah mendengar kalau kita shalat pakai sarung namun tdk pakai celana dalam, bumi akan murka betul atau tidak, sekian terimakasih. Wassalamu’alaikum wr.wb.Abu Luthfi

Konsultasi Ibadah : Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillah, Washshalatu wassalamu `ala Rasulillah, wa ba’d.

Dari manakah Anda mendengar penjelasan seperti itu ? Bukankah setiap pendapat tentang masalah yang terkait dengan hukum fiqih harus disertai dengan dalil ? Adakah dalil yang dikemukakan baik dari Al-Quran maupun sunnah Nabawiyah ?

Selama ini kami belum menemukan adanya pendapat seperti itu. Pertanyaan ini baru pertama kali kami dengar. Yaitu dari Anda seorang.

Secara zahir kita tidak menemukan adanya perintah dari nash yang sharih tentang kewajiban untuk memakai celana dalam. Sebab ketika seseorang memakai baju luar yang menutup aurat, sudah dianggap memenuhi syarat untuk melakukan shalat.

Lagi pula kewajiban menutup aurat itu lebih ditujukan kepada manusia, bukan kepada benda mati seperti bumi dan lainnya. Sebab kalau demikian, bukankah pakaian yang melekat di badan kita pun bisa melihat aurat kita ? Lalu mengapa hanya bumi yang marah ? Bukankah pakaian kita pun seharusnya marah juga ? Sebab pakaian kita ini pasti melihat aurat kita, bukan ? Termasuk celana dalam yang Anda kenakan itu, bukankah dia tetap melihat aurat Anda ? Mengapa bumi marah tapi celana dalam tidak marah ? Apa yang membedakan antara keduanya ?

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Leave a Reply

%d bloggers like this: