Bolehkah Wanita Puasa Nabi Daud ? – Pertanyaan : Assalamu’alaykum, Wr. Wb Ustad saya ingin bertanya, apakah Wanita boleh menjalankan ibadah puasa nabi Daud, karena ada teman yang bilang bahwa puasa nabi Daud hanya di jalankan oleh Laki2. Pertimbangannya karena wanita akan terpotong haid, sedangkan puasa Daud harus di jalankan terus menerus. Dan apakah puasa nabi Daud sekali menjalankan harus terus sampai seumur hidup seperti nabi Daud ? boleh tidak kalau kita masih dalam tahab belajar dan menjalankannya semampu kita ? atas jawabannya saya ucapkan terima kasih Wassalamu’alaykum Wr. WbHamba Allaah

Konsultasi Fiqih Wanita : Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillah, Washshalatu wassalamu `ala Rasulillah, wa ba’d.

Puasa Nabi Daud buat ummat Muhammad SAW hukumnya sunnah, tidak wajib. Dan tidak akan menjadi wajib bila telah dikerjakan.

Jadi tidak benar bila sekali menjalankan harus seumur hidup mengerjakannya. Sebab bila harus terus menjalankannya, maka hukumnya menjadi wajib. Padahal puasa wajib itu hanyalah Ramadhan, qadha’, kaffarat dan nazar. Selebihnya adalah puasa sunnah yang berpahala bila dikerjakan namun tidak apa-apa bila ditinggalkan.

Seorang wanita bila ingin berpuasa seperti nabi Daud dibolehkan dan sama sekali tidak terlarang. Bila mendapat haidh, maka dia berhenti dari puasa. Setelah suci dari haidh, bolehlah diteruskan lagi dan boleh pula tidak diteruskan.

Yang penting bila wanita itu sudah bersuami, dia wajib meminta izin kepada suaminya bila ingin puasa sunnah.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

Leave a Reply

%d bloggers like this: