Kenapa Saksi Zina Harus 4 Orang? – Pertanyaan : Assalamualaikum wr.wb. Pak Ustadz, to the point saja, kenapa dan apa alasannya bahwa saksi yang dianggap cukup dalam membuktikan telah terjadi perzinaan harus 4 orang saksi dewasa? Maksud saya, untuk menghadirkan saksi sebanyak 4 orang itu agak sulit, kenapa tidak cukup 3 orang saksi saja misalnya. Apabila dalam kenyataannya kita mendapati sepasang laki-laki & perempuan lain mahram sedang melakukan zina, apakah kita harus mencari/memberitahu 3 saksi lainnya? Bagaimana perbedaan dengan aplikasinya (baik jumlah saksi maupun hukuman bagi pezina) di Indonesia yang sekuler ini? Terima kasih & Wassalam.Eno Idham

Konsultasi Nikah :Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillah, Washshalatu wassalamu `ala Rasulillah, wa ba’d.

Salah satu hikmah dibalik keharusan ada empat orang saksi dalam kasus tuduhan zina adalah beratnya dosa menuduh zina. Serta kewajiban untuk berhusnuzh-zhon dan menutupi aib orang lain dalam sistem masyarakat Islam.

Sebab bila tuduhan itu benar benar-benar bisa dibuktikan, maka ancaman hukumannya juga tidak main-main, yaitu penghilangan nyawa kedua pelakunya. Atau hukuman cambuk 100 kali di depan umum dan diasingkan selama setahun bila pelaku zina itu belum pernah menikah sebelumnya.

Maka tuduhan zina itu berat sekali untuk bisa diterima oleh hakim. Dan sepanjang yang kami ketahui, di masa Rasulullah SAW kebanyakan hukuman untuk kasus zina bukan dengan adanya 4 orang saksi, melainkan dengan ikrar (pengakuan) dari pelaku zina sendiri. Baik dalam kasus Maiz maupun wanita dari Bani Makhzum.

Namun sebenarnya masih ada sisi lain dari hukum Islam untuk mencegah dan mengancam orang yang berizina, yaitu dengan hukum ta`zir. Hukum ta`zir ini bentuknya diserahkan kepada hakim dan tidak membutuhkan syarat bukti yang berat sebagaimana dalam hukum hudud.

Maka bila ada pasangan di luar nikah yang kedapatan bermesraan di suatu tempat meski belum sampai terjadi zina, secara hukum sudah bisa dihukum oleh hakim. Namun bukan dirajam atau dicambuk 100 kali seperti pada kasus hudud zina, melainkan dengan bentuk hukukan lainnya. Misalnya dicambuk maksimal 99 kali di muka umum. Hukuman ini tidak mengharuskan adanya 4 orang saksi laki-laki yang akil, baligh, muslim, merdeka dan seterusnya. Cukup dengan bukti-bukti ilmiyah dan wajar, seorang hakim sudah bisa memberikannya pelajaran (ta`zir) kepada pelaku kemaksiatan.

Maka dengan adanya hukum ta`zir ini, kasus zina yang kurang saksi atau kemesuman atau kemaksiatan antara pasngan tidak syah bisa tetap ditegakkan.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Istilah Percarian:
pertanyaan sulit tentang zina, pertanyaan tentang zina yang sulit, 4 saksi zina, pertanyaan paling sulit tentang zina, pertanyaan tentang zina, saksi zina dapat diterima apabila jumlah saksi sebanyak, pertanyaan seputar zinah, mengapa harus ada empat orang saksi dalam tuduhan zina, kenapa saksi zina 4 orang, jumlah saksi laki-laki terhadap dugaan perbuatan zina adalah

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: