Hukum Waris Bila Memiliki 1 Anak Kandung Dan 5 Anak Tiri – Pertanyaan : Assalamualaikum WW. Saudara saya wanita (A) menikah dengan duda (B), dan mempunyai 1 anak perempuan. Hasil perkawinan B dengan mantan istri pertama (C) mempunyai 3 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Saat ini B membawa 1 anak laki-laki dan 1 anak perempuan (hasil perkawinannya dengan C), sedangkan C membawa sisanya dan telah menikah dengan orang lain. Bila B meninggal dan mewariskan 100 juta bagaimana pembagian warisnya? Cat: A tinggal memiliki 1 ibu dan B 1 ibu. Terima kasihWahyu

Konsultasi Warisan (Faraid) :Jawaban:

Sebelumnya mari kita rinci siapa saja yang mendapatkan warisan dari B (suami) yang telah meninggal dan siapa yang tidak.

Yang mendapat warisan adalah:
1. Ibu kandung
2. Istri (A), karena ketika B meninggal statusnya adalah istri.
3. Anak laki-laki dan perempuan dari isrti 1 dengan suami sebelumnya.

Yang tidak mendapat warisan adalah:
1. Istri (C), dia tidak berhak mendapatkan warisan karena telah terputus hubungan pernikahannya (menikah dengan yang lain) saat B meninggal.

2. Anak bawaan istri keduapun juga tidak berhak mendapat warisan karena bukan keturunan dari si B (bapak tiri).

Penghitungan
Harta 100 juta dibagi kepada ibu kandung sebesar 1/6 bagian, istri (A) sebesar 1/8 bagian karena ada keturunan (anak dari suami) dan sisanya untuk 4 anak laki-laki, dan 1 anak perempuan.

– Ibu mendapat 1/6 dari 100 juta = 16.66 juta
– Istri kedua (A) mendapat 1/8 dari 100 juta =12, 5 juta
– 4 anak laki-laki dan 1 orang anak perempuan mengambil sisa harta dengan pembagian laki-laki mendapat bagian 2 kali lipat dari bagian anak perempuan. Sisa 70, 84 juta dibagi ke anak-anaknya. Tiap anak laki mendapat 15, 74 juta dan 1 orang anak perempuan mendapat 7, 87 juta.

Wallahu a‘lam

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: