Celan Panjang Bagi Perawat – Pertanyaan : Bagaimana pandangan ustadz tentang perawat yang mana pakaian untuk perawat adalah celana panjang, padahal tidak boleh menyerupai laki-laki.Nitarum

Konsultasi Fiqih Wanita :Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Bila penggunaan celana panjang itu tujuannya untuk kepentingan jenis pekerjaannya, maka sebenarnya bisa disesuaikan dari sisi model dan potongannya. Sehingga tidak mirip dengan model celana panjang laki-laki. Dan alangkah baiknya bila celana panjang itu digunakan sebagai pakaian dalam dimana di luarnya ada sejenis rok panjang. Para wanita pasti tahu dengan pasti betapa sangat berfungsinya celana panjang yang dikenakan di bagian dalam rok wanita.

Dengan model yang khusus untuk wanita, juga ada pakaian luar yang menutup sebagian celana panjang itu, kemiripan dengan laki-laki menjadi amat jauh berkurang. Apalagi bila sudah seperti sebuah model khas dari busana muslimah, maka secara ‘urf tidak bisa lagi dicari-cari celah bahwa model pakaian itu mirip dengan pakaian laki-laki.

Dan sebenarnya bila dibandingkan para rok pendek yang biasa dikenakan para perawat lainnya hingga auratnya terlihat, celana panjang jauh lebih menutup dan lebih praktis untuk pekerjaannya.

Maka yang harus diperhatikan adalah kepastian tidak ada kemiripannya dengan pakaian khas laki-laki. Dan hal itu sangat tegantung kepada ‘urf yang berlaku pada masing-masing peradaban.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: