Cincin Berlian Buat Laki-laki, Bolehkah ? – Pertanyaan : Assalamu’alaikum. Bolehkah seorang laki-laki memakai cincin (non emas) yang bertahtakan berlian? Larangan pemakaian emas dan sutra bagi laki-laki apakah karena materinya (bendanya) ataukah karena fungsinya? Terima kasih Wassalam.Agus Prasetyo

Konsultasi Nikah : Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

1. Selain emas dan sutera, pakaian atau perhiasan itu boleh dikenakan laki-laki. Asalkan tidak terkandung unsur meniru gaya wanita.

Cincin hukumnya halal bagi laki-laki asalkan tidak terbuat atau mengandung emas. Berlian itu meski sebenarnya bagian dari perhiasan, namun secara hukum Islam bukanlah benda yang haram digunakan bagi laki-laki.

2. Yang diharamkan lebih kepada materinya ketimbang fungsinya. Sehingga memakai perhiasan emas palsu itu boleh hukumnya. Meski sekilas seperti emas dan semua orang mengira itu emas, tapi bila hakikatnya palsu atau imitasi, hukumnya halal.

Demikian juga dengan sutera, yang diharamkan lebih kepada materi suteranya. Maka memakai pakaian dengan bahan sutera imitasi / sintetis tentu halal huukmnya buat laki-laki. Karena meski mirip dengan sutera secara penampilan, hakikatnya bukanlah sutera.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]


Leave a Reply

%d bloggers like this: