7 Metode Pembuatan Table di dalam Microsoft Access

Microsoft Access memiliki 7 (tujuh) macam metode dalam pembuatan table, diantaranya:

 

  1. Datasheet View, yaitu pembuatan table dengan cara mengisi dahulu data-datanya, baru kemudian menentukan nama-nama field-nya.

  2. Design View, yaitu pembuatan table dengan cara membuat dahulu field-fieldnya, field primary key dan lain-lain, baru kemudian mengisi data-datanya.

  3. Table Wizard, yaitu pembuatan table dengan field-field yang sudah disediakan oleh Access. Dengan Table Wizard, Anda tidak perlu susah-susah menentukan nama-nama field, primary key maupun jenis table yang akan digunakan. Hanya saja untuk nama field dan propertiesnya secara default sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Access, bila memang tidak sesuai baik namanya maupun data typenya, maka kita bisa mengubahnya setelah proses wizard selesai.

  4. Import Table, yaitu pembuatan table dengan cara mengimport seluruh table dan data dari file database eksternal (diluar database yang sedang Anda gunakan) seperti dari Microsoft Access, Microsoft Excel, DBF (dBase dan FoxPro file), Text file (txt), SQL Server, dan lain-lain. Import table membuat data yang tadinya berada pada database lain, menjadi dicopy (diimport) ke database kita.

  5. Link Table, yaitu pembuatan table dengan cara table dan data dilink dari database eksternal. Sebagaimana import table, data sumber untuk table link ini dapat diambil dari database Microsoft Access, Microsoft Excel, DBF (dBase dan FoxPro file), Text file (txt), SQL Server, dan lain-lain. Namun berbeda dengan import table, jika pada table hasil import kita dapat memodifikasi tablenya, pada link table kita tidak dapat memodifikasi table hasil link-nya. Jika hendak memodifikasi, maka harus memodifikasi pada file database sumber link table tersebut. Link table tidak membuat sumber data pada database sumber menjadi dicopy kedalam database tujuan, dengan kata lain data tersebut sebenarnya hanya data bayangan (mirror data atau data link), tidak berdiri sendiri sebagaimana pada import table. Table link sangat berguna untuk pembuatan system database secara multi user (penggunaan database lebih dari satu orang dengan database online via jaringan LAN / intranet).

  6. Table Template, yakni pembuatan table secara langsung menggunakan template yang disediakan oleh Access, diantaranya Contacts, Issues, Tasks, dll.

  7. Share Point, yakni pembuatan table secara import table maupun link table, dimana sumber table berasal dari web server (internet). Tidak semua web server bisa menjadi sumber data untuk share point, hanya web server yang mendukung share point saja yang bisa, diantaranya www.sharepointprovider.com, atau lebih lengkapnya bisa mengakses http://www.hostedsharepointproviders.com/. Manfaat share point adalah kita bisa membuat program database secara multi user secara online via internet, bukan lagi intranet.

Beri Nilai Artikel Ini:

0 thoughts on “7 Metode Pembuatan Table di dalam Microsoft Access

  • 24/07/2012 at 9:51 pm
    Permalink

    tutorial database yang sangat lengkap dan detail, terimakasih.
    di tuunggu pdfnya

    Reply

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: