Penyusunan Al Qur’an – Pertanyaan : Ass. wr.wb Bagaimana persisnya penyusunan urutan mushaf Al Qur’an yang ada saat ini. Bukankah ayat pertama yang turun adalah Ayat 1 surat Al Alaq, tapi dalam penyusunannya urutan pertama justru Al Fathihah. Mohon penjelasan. Wass.wr.wbYhan

Konsultasi Masalah Umum : Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Jauh sebelum diturunkan ke muka bumi ini, sesungguhnya
Al-Quran Al-Kariem sudah ada. Dan susunannya adalah seperti yang kita punya saat ini. Dan diturunkan dari Lauh AL-Mahfuz ke langit dunia dalam satu kali saja. Ini disebut dengan penurunan Al-Quran Al-Kariem tahap pertama.

Pada penurunan tahap kedua, Al-Quran Al-Kariem diturunkan sedikit demi sedikit, tidak sekaligus. Dan ayat yang diturunkan tidak mengacu kepada urutan turunnya, melainkan sesuai dengan kebutuhannya. Namun semua itu tentu tidak lepas dari kehendak Allah SWT, sama sekali tidak ada kaitannya dengan kemauan manusia.

Namun selama turunnya Al-Quran Al-Kariem yang memakan waktu tidak kurang dari 23 tahun itu, Rasulullah SAW tidak pernah lupa untuk menyebutkan bahwa potongan ayat ini adalah bagian dari surat itu dan pada urutan kesekian. Demikianlah para shahabat menerima potongan demi potongan ayat Al-Quran Al-Kariem, selalu diberikan info tambahan tentang nama surat dan nomor ayatnya.

Dan hal itu diperkuat lagi dengan turunnya Malaikat Jibril tiap bulan Ramadhan untuk mengecek kembali bacaan Rasulullah SAW, yaitu pada tahun-tahun terakhir masa kehidupan beliau.

Maka sepeninggal Rasulullah SAW, para shahabat sepakat untuk menyusun Al-Quran Al-Kariem dengan urutan sebagaimana yang kita dapati sekarang. Tidak sebagaimana urutan turunnya.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan

Leave a Reply

%d bloggers like this: