Tentang Politik Islam – Pertanyaan : Saya pernha membaca pernyataan sbb: “Islam tidak memiliki konsep yang jelas tentang politik. Tapi dalam hal etika politik, Islam punya kerangka bagaimana kita berperilaku sebagai politikus yang baik, maslahat dan lain-lain” Pertanyaan saya betulkah pernyataan tersebut yang bermakna Islam tidak punya konsep politik yang jelas?? WassalamHamba Allah

Konsultasi Sosial Politik : Jawaban:

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Pernyataan itu kurang tepat, karena paling tidak ada ribuan kitab dalam dunia Islam yang berbicara tentang politik dalam berbagai dimensinya.

Barangkali yang membuat pernyataan itu lupa, bahwa Islam adalah satu-satunya peradaban yang paling lama berkuasa di dunia. Tidak kurang dari 15 abad lamanya. Masa sepanjang itu belum pernah dialami oleh peradaban manapun sepanjang Nabi Adam menjejakkan kami di permukaan bumi hingga kini.

Dan wilayah negeri Islam adalah wilayah negara terluas yang pernah ada dalam peta dunia. Dari ujung Maroko hingga Marauke tidak terputus wilayah itu menjadi negeri Islam. Romawi, Spanyol, Mesir, Jazirah Arabia, Persia, India, Cina, Mongolia, Melayu dan nusantara adalah negeri dan peradaban Islam.

Jadi kalau dikatakan Islam tidak punya sistem politik, maksudnya sistem politik yang mana? Bagaimana mungkin peradaban sebesar dan semegah itu tidak punya sistem politik? Justru Islam adalah guru besar politik untuk peradaban manusia. Manusia tidak kenal politik bila tidak dikenalkan oleh Islam.

Namun politik Islam bukanlah politik Machiavelli yang menghalalkan segala cara. Politik Islam adalah wujud penghambaan diri kepada Allah dan bentuk ketaatan kepada-Nya. Politik dalam Islam adalah moral dan keindahan yang dilengkapi dengan kesejahteraan dan keadilan. Politik itu kejam tidak dikenal dalam kamus Islam.

Wallahu a‘lam bishshowab.
Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

%d bloggers like this: