Arti Dari Beberapa Kalimat/kata Berbahasa Arab – Pertanyaan : Assalamu’alaikum wr. wb. Ustadz, alhamdulillah setiap hari saya luangkan beberapa jam untuk membaca tanya jawab berbagai hal di PKS. Namun ada beberapa kalimat/kata2 dalam bahasa Arab yang terkadang tidak diberikan artinya, sehingga saya hanya mengira-ngira saja sesuai konteks kalimatnya. Namun untuk meyakinkan arti yang benar, mohon Ustadz dapat memberikan artinya dari beberapa kata arab yang saya catat dibawah ini. 1. Hujjah 2. Ijtihad 3. Ittiba’ 4. Khilaf 5. Qhat’i 6. Salafus shalih 7. Tabbaruj 8. Tawassul 9. Tsiqah 10.’Urf 11.Wasilah Apakah ada buku kamus untuk istilah-istilah seperti ini? Terima kasih atas bantuan Ustadz. Wassalam, Rama.Rama Andhika

Konsultasi Masalah Umum :Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

1. Hujjah

Argumen, dalil, dasar atau landasan dalam mengambil pendapat.

2. Ijtihad

Sebuah upaya yang keras untuk mencapai kesimpulan hukum atas sebuah masalah agama. Ijtihadi ini dilakukan oleh orang yang sudah memiliki kemampuan dalam melakukan kajian yang mendalam atas semua dalil baik dari Al-Quran Al-Kariem, As-Sunnah An-Nabawiyah maupun sumber dalil lainnya.

3. Ittiba’

Mengikuti. Yaitu mengikuti pendapat yang sudah jadi dari seorang ulama atau mazhab fiqih tertentu. Ittiba’ dalam pengertian khusus bisa dianggap sebagai lawan dari ijtihad.

4. Khilaf

Perbedaan pendapat. Umumnya dilakukan oleh para ulama ketika menanggapi masalah hukum yang ternyata mereka memandang dari sudut yang berbeda. Sehingga menhasilkan perbedaan pandangan dan hukum.

5. Qhat’i

Tetap, pasti, mutlak. Biasanya digunakan untuk mengatakan bahwa sebuah dalil itu qath’i yang maknanya adalah berstartus tetap. Misalnya dalil Al-Quran Al-Kariem itu bersifat qoth’i, karena pasti benarnya. Sedangkan dalil akal itu bersifat zhanni (lawan dari qathi’i.

6. Salafus shalih

Para ulama dan orang-orang yang hidup di zaman yang dekat sekali dengan masa para shahabat. Ada yang mengatakan pada abad-abad pertama dan kedua atua berikutnya. Ukurannya adalah keshalihan mereka dan kesetiaan mereka terhadap ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

7. Tabbaruj

Bersolek, berhias, memakai make up

8. Tawassul

Menggunakan perantaraan. Misalnya seseroang bertawassul dengan amal baik. Maknanya adalah seseorang menggunakan pahala amal baiknya itu untuk dijadikan doa dan harapan kepada Allah SWT untuk meluluskan hajatnya.

9. Tsiqah

Percaya kepada seseorang, yakin akan kemampuan seseorang. Ulama Tsiqoh maksudnya adalah ulama yang bisa dipercaya dan memang punya kapasitas dan otoritas dalam keulamaannya. Rawi yang tsiqah adalah periwayat hadits yang memenuhi kriteria yang bisa dipercaya kebenaran hadits yang disampaikannya.

10.’Urf

Kebiasaan, adat, hal-hal yang telah berlaku secara umum di suatu komunitas. Tidak semua ‘urf itu bertentangan dengan Islam. Sebagian dari ‘urf itu malah didukung oleh Islam. Misalnya adanya ‘urf di suatu tempat bahwa bisa seorang suami berkata kepada istrinya,”Pulanglah ke rumah orangtuamu”, maka dianggap sebagai kalimat cerai. Bila ‘urf (kebiasaan) yang berlaku di komunitas itu memang demikian, maka lafaz seperti itu sudah berarti cerai menurut syariah Islam. Namun belum tentu berlaku pada komunitas lainnya.

11.Wasilah

Media, mediator, perantaraan, cara.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Istilah Percarian:
hadanallah, arti hadanallah, hadanallah artinya, hadaanallahu wa iyyakum ajma\in artinya, hadaanallahu wa iyyakum ajmain artinya, makna hadadallah, ajmain artinya, hadanallah wa iyyakum ajmain tulisan arab, hadanallah wa iyyakum artinya, arti hadanalloh, arti hadanallah wa iyyakum ajmain, hadzanallahu wa iyyakum ajmain, hadzanallah, hadanallahu wa iyyakum, ajma\in artinya, Alhamdulillaah Hadanallaah wa iyyakum, Alhamdulillah Hadaanallahu wa iyyakum, Arti Ajmain dan jamian, hadanalla, hadaanallohu wa iyyakum ajmain, arti alaikum ajmaiin, arti hadaanallahu wa iyyakum, arti hadanallah wa iyyakum, arti kata hadanallah wa iyyakum ajma\in wallahu waliyyut taufiq, arti hadhanalllahu waiyakum ajmain

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: