Mencium Ayat Suci – Pertanyaan : Assalamu’alaikum wr wb uztadz ana sering melihat temen saya satu kantor klo baca buku agama atau apa aja yang ada ayat sucinya/alquran selalu dia cium sehabis membacanya apakah hal ini ada tuntunannya atau bisa disebut bid’ah sekian jazakumulloh khoiron katsiro atas jawabannyaSahal

Konsultasi Masalah Umum :Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Tidak ada isyarat atau pun ketentuan ibadah untuk mencium mushaf atau buku agama. Sehingga kalau hal itu dianggap sebagai bagian dari ibadah ritual (mahdhah) yang terkait dengan bagian agama ini, bisa saja dianggap sebagai penambahan atas agama ini.

Namun kalau hal itu sekedar spontanitas yang tidak harus selalu dilakukan, maka menuut hemat kami tidak terlalu bermasalah. Sebab barangkali seseorang merasa cinta dan ta’zhim terhadap mushaf itu. Sehingga ekspresi yang keluar secara spontan adalah menciumnya.

Namun memang sebaiknya hal itu jangan dijadikan kebiasaan, sebab dikhawatirkan nantinya malah akan menjadi kebiasaan. Yang pada gilirannya akan terasa kurang sreg kalau tidak menciumnya.

Sejarah lahirnya banyak bid’ah itu pada awalnya biasanya dimulai dengan hal-hal yang biasa-biasa saja. Namun karena kurang diperhatikan, kebiasaan yang pada awalnya hukumnya mubah itu berubah menjadi semacam keharusan. Kalau keharusan ini sudah sampai kepada tingkat tertentu, maka jadilah dia sebuah praktek bid’ah yang terkait dengan mengada-adakan sebuah ritual ibadah.

Padahal membuat sesuatu yang baru dalam ibadah ritual merupakan hak Allah SWT dan Rasulullah SAW saja.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: