Shalat Subuh Tanpa Mandi – Pertanyaan : Ustadz PKS Yth. assalamu’alaikum wr.wb. Bolehkah shalat subuh hanya dengan ambil air wudhu saja (tanpa mandi) supaya tidak kesiangan, sebab kalau mandi dulu saya harus ngantri dulu, maklum dirumah kos. Terimakasih jawabannya. wassalam.Wahyudi Sucipto

Konsultasi Ibadah : Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Mandi bukan merupakan syarat syah untuk melakukan ibadah shalat termasuk shalat shubuh. Yang menjadi syarat hanyalah wudhu’ saja, bukan mandi. Mandi secara sya’ri adalah mandi janabah yang hukumnya bisa wajib tapi bisa juga sunnah.

Mandi janabah itu wajib bila seseorang berhadats besar, seperti keluar mani, habis berhubungan intim dengan istri, setelah mendapat haidh atau nifas bagi wanita dan lain-lainnya.

Sedangakan untuk dibolehkan melakukan shalat lima waktu, tidak ada ketentuan harus mandi. Kalau pun ada keharusan mandi sebelum shalat, hanya pada shalat tertentu seperti shalat jumat atau shalat ‘ied. Itupun secara hukum oleh para ulama tidak dianggap wajib melainkan hanya sunnah saja hukumnya.

Jadi bila Anda mereka dingin atau terburu-buru untuk shalat shubuh dan tidak mandi terlebih dahulu, tidak apa-apa dan shalat Anda syah.

Kecuali bila malamnya Anda bermimpi hingga keluar mani atau melakukan hubungan intim dengan istri, maka tentu saja sebelum shalat shubuh Anda harus mandi terlebih dahulu agar Anda menjadi suci dan dibolehkan untuk melakukan ibadah shalat.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Leave a Reply

%d bloggers like this: