Pernikahan Teman Non MuslimPakai Ritual Agama : Bolehkah Hadir ? – Pertanyaan : Assalaamu’alaikum wr, wb, Sebentar lagi teman wanita sekantor saya yang non muslim akan menikah di sebuah gedung bukan di gereja. Di dalam acara tersebut ada ritual pemberkatan nikah dan ritual adat Tanah Toraja. Saya bingung bolahkan saya datang dalam acara tersebut dan juga saya merasa risih apabila berada di sana karena saya berjilbab. Tetapi apabila saya tidak hadir akan ada perasaan tidak nyaman nanti setelah dia cuti. Tolong bantu saya ustad. Bagaimana saya harus bersikap? Terima kasih. Wassalam, LiraLira

Konsultasi Nikah :Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Kita memang diharamkan untuk menghadiri ritual keagamaan agama lain. Sebab bagi muslimin, hadir dalam ritual agama orang lain adalah sebuah keharaman yang nyata ditegaskan dalam Al-Quran Al-Kariem.

Ada ayat Al-Quran Al-Kariem berikut ini :

Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”.(QS.Al-Kafirun : 1-6)

Selain itu para ulama juga menafsirkan ayat berikut sebagai larangan untuk menghadiri perayaan agama lain.

Dan orang-orang yang tidak memberikan menghadiri Az-Zuur. (QS. Al-Furqan : 72).

Para mufassirin menerjemahkan bahwa yang dimaksud dengan menghadiri az-Zuur adalah menghadiri hari raya agama lain atau perayaan orang-orang musyrikin.

Untuk itu Anda mungkin bisa hadir agak terlambat dimana acara keagamaannya itu sudah selesai. Sehingga tidak terkena delik menghadiri acara agama lain. Atau selama acara yang barbau ritual itu berlangsung, Anda bisa kelur ruangan dengan alasan yang bisa secara kreatif Anda pilih.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: