Bolehkah Setahun Menikahkan Anak Dua Kali ? – Pertanyaan : Saya ingin menikah tetapi kakak saya inign menikah juga. Yang jadi pertanyaan saya apakah boleh seseoang menikah dalam satu tahun yang sama ? Tetapi orang tua bilang tidak boleh.Iwan 4.61/5 (18)
4.61/518

Konsultasi Nikah :Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Ketidak-bolehan dari orang tua anda tentang menikahkan anak dalam tahun yang sama sebenarnya bukan didasarkan kepada larangan agama, terutama agama Islam. Sebab syariat Islam tidak pernah melarang hal itu.

Kita tidak menemukan ketentuan dari Al-Quran Al-Kariem maupun dari As-Sunnah An-Nabawiyah yang menyebutkan bahwa menikahkan dua anak dalam tahun yang sama adalah merupakan larangan. Padahal secara kaidah, segala sesuatu itu asalnya boleh dikerjakan, selama tidak ada larangan yang melarangnya. Di dalam kitab-kitab ushul fiqih disebutkan dengan lafaz Al-Ashlu fil asy-ya’i al-ibahah .

Barangkali larangan itu datang dari kepercayaan atau tradisi budaya tertentu yang memang agak sulit untuk dihilangkan begitu saja dari suatu masyarakat. Lucunya, terkadang aturan-aturan itu didapat dari pembicaraan mulut ke mulut yang sulit didapat ujung pangkalnya. Maksudnya, kalau coba Anda telusuri sumber-sumber otentik dari adanya larangan itu, maka Anda harus kecewa untuk mendapatkannya.

Sebab semua aturan itu memang peninggalan orang dahulu yang diterima begitu saja tanpa pernah tahu apa dasarnya. Bahkan literatur yang memuat aturan itu pun –kalaupun ada- juga tidak pernah dibaca.

Jadi lebih merupakan mitos-mitos orang dahulu yang secara turun temurun ditaklid-butakan oleh sebagain masyarakat. Walhasil, jadilah aturan itu sebagai sebuah kepercayaan masyarakat adat yang diterima begitu saja tanpa pernah tahu, apakah latar belakangnya dan bagaimana larangan itu bisa muncul.

Seandai mereka mau menengok ke dalam ajaran Islam yang juga penuh dengan ritual, maka pastilah mereka akan meninggalkan mitos yang tidak berdasar itu dan menjadikan aturan dan syariat Islam saja sebagai aturan hidup mereka. Karena semua ritual Islam itu bisa dipastikan datangnya dari Allah SWT Yang Maha Agung dan Maha Tinggi. Dan originalitas syariat Islam itu sangat terjamin, tidak mungkin ada penyelewengan di dalam syariat Islam.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Istilah Percarian:
mantu setahun dua kali, menikahkan anak 2 kali dalam setahun, bolehkah kakak adik menikah di tahun yang sama, menikahkan dua anak dalam setahun, apa benar setahun tidak boleh menikah dua kali dalam satu keluarga menurut kalender jawa, kenapa tidak boleh menikahkan 2 anak dalam 1 tahun, bolehkah kakak beradik menikah di tahun yang sama, hukum menikahkan 2 anak dalam 1 tahun, pernikahan dalam tahun yang sama, menikah satu tahun dua kali, pernikahan dua anak dalam satu tahun, bolehkah dalam satu tahun kakak beradik menikah, benarkah menikah beesamaan dengan adik kandung tidak boleh, pantangan menikah dalam setahun, kakak adik menikah di tahun yg sama, bolehkah saudara kandung menikah di tahun yang sama ?, ajaran islam menikah setahun 2 kali dalam keluarga, menikah 1 tahun 2 orang saudara, dalil pantangan anak perempuan menikah setahun 2 kli, kakak adik menikah ditahun yang sama menurut islam, kakak adik menikah bersamaan, setahun nikahin anak 2 kali, benarkah pamali menikahkan adik dan kaka satu tahun bersamaan?, bolehkah menikah dua kali dalam satu tahun, bolehkah menikah kan saudara kandung ditahun yang sama

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: