Zakat Untuk Khadimat (pembantu) Bolehkah ? – Pertanyaan : Assalaamu’alaikum wr.wB. Bolehkah zakat maal yang kita harus keluarkan, diberikan kepada khadimat/pembantu kita dirumah? Wassalaamu’alaikum wR.wB.Abu Izzan 5/5 (1)
5/51

Konsultasi Zakat :Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Para ulama banyak membahas bahwa zakat itu tidak diberikan kepada anggota keluarga sendiri atau orang yang nafkahnya kita tanggung. Tetapi zakat itu harus diberikan kepada orang lain yang miskin dan memang membutuhkan. Dan tentunya penyalurannya sebaiknya melalui lembaga zakat formal. Agar jelas diketahui bahwa Anda adalah orang yang telah membayar zakat.

Sedangkan memberikan zakat kepada pembantu sendiri, meski memang pembantu itu miskin, namun ada semacam ketidak-jelasan tentang statusnya. Karena ada di antara rumah tangga di negeri negeri ini yang memposisikan pembantu ibarat keluarga sendiri, dimana nafkah dan penghidupan mereka menjadi tanggungannya.

Kalau pun memang tegas perbedaannya, maka harus dijaga agar jangan sampai ada anggapan bahwa zakat yang diberikan itu sebagai bagian dari ‘fasilitas’ menjadi pembantu di rumah itu. Karena kalau terkesan sebagai ‘fasilitas’, maka tercampur antara dana zakat dengan gaji atau bonus.

Bila pembantu itu berhenti dari bekerja di rumah itu, apakah dia akan tetap menerima zakat dari mantan majikannya ? Kalau dana zakat terputus, artinya dan zakat itu sufah bersifat ‘fasilitas’ atau bonus. Bukan murni pemberian orang kaya kepada orang miskin. Tapi kalau masih tetap diberikan meksi sudah tidak bekerja lagi, maka bisa saja dianggap sebagai zakat.

Tapi kembali kepada idealnya, zakat itu seharusnya diserahkan kepada petugas zakat yang formal dan tidak dikeluarkan sendir-sendiri.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Istilah Percarian:
zakat fitrah diberikan ke pembantu, zakat untuk pembantu rumah tangga, bolehkah kita membayar zakat kpd pembantu, zakat pembantu, zakat maal untuk pembantu, zakat kepada pembantu, zakat fitrah ke pembantu, apakah pembantu rumah tangga berhak menerima zakat, memberi zakat kepada pembantu, bolehkah zakat kepada asisten rumah tangga kita, bolehkah zakat diberikan kepada pembantu, apakah pembantu boleh menerima zakat mal

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: