4. Tanda-tanda Lailatul Qadar

4. Tanda-tanda Lailatul Qadar1

 

1.    Tanda-Tandanya 

Ketahuilah hamba yang taat -mudah-mudahan Allah menguatkanmu dengan ruh dari-Nya dan membantu dengan pertolongan-Nya- sesungguhnya Rasulullah صلي الله عليه وسلم menggambarkan paginya malam Lailatul Qadar agar seorang muslim mengetahuinya. 

Dari ‘Ubay رضي الله عنه, ia berkata: Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:

صَبِيحَةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ تَطْلُعُ الشَّمْسُ لاَ شُعَاعَ لَهَا كَأَنَّهَا طَسْتٌ حَتَّي تَرْتَفِعَ فَرَأَيْتُهُ

“Pagi hari malam Lailatul Qadar, matahari terbit tidak menyilaukan, seperti bejana hingga meninggi” (HR. Muslim 762)

Dari Abu Hurairah, ia berkata: Kami menyebutkan malam Lailatul Qadar di sisi Rasulullah صلي الله عليه وسلم beliau bersabda:  “Siapa di antara kalian yang ingat ketika terbit bulan seperti syiqi jafnah”2

Dan dari Ibnu Abbas رضى الله عنهما, ia berkata: Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلِقَةٌ لاَحَارَّةٌ وَلاَ بَارِدَةٌ تُصْبِحُ السَّمْسُ صَبِيْحَتَهَا ضَعِيْفَةً حَمْرَاءَ

“Lailatul Qadar adalah malam yang indah, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin, (dan) keesokan harinya cahaya sinar mataharinya melemah kemerah-merahan” (Thayalisi 349, Ibnu Khuzaimah 3/231, Bazzar 1/486, sanadnya Hasan)




1.     Mengenai tanda-tanda Lailatul Qadar ini masyarakat awam memiliki banyak khurafat dan keyakinan yang menyimpan, diantaranya adalah bahwa pohon-pun bersujud dan gedung-gedung tidur, dan demikian seterusnya.

2.     HR. Muslim 1170. Perkataan: “Syiqi jafnah” syiq artinya setengah, jafnah artinya bejana. Al-Qadhi ‘Iyadh berkata : “Dalam hadits ini ada isyarat bahwa malam Lailatul Qadar hanya terjadi di akhir bulan, karena bulan tidak akan seperti demikian ketika terbit kecuali di akhir-akhir bulan”

Previous

Next

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: