Kakak Laki2 Lain Ayah Satu Ibu : Mahramkah ? – Pertanyaan : Assalaamualaikum wr. wb Pak Ustd saya mempunyai saudara laki-laki satu ibu tetapi lain ayah. yang ingin saya tanyakan apakah hubungan saya dengan kakak laki-laki (kakak tiri) saya tersebut sama dengan hubungan antara kakak dan adik kandung sebenarnya. Apakah pada saat wudhu lalu menyentuh kakak saya tsb. lalu wudhu saya bisa batal? Ada tidak batasan yang membedakan antara hub. kakak tiri dengan kakak kandung. Sekian pertanyaan dari saya atas perhatian dan jawaban yang diberiakn saya ucapkan terima kasih. Wassalaamualaikum wr.wbAkhwat

Konsultasi Fiqih Wanita : Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Kakak laki-laki Anda yang lain ayah tapi satu ibu itu adalah kakak kandung Anda. Dan kata ‘kandung’ itu maknanya kalau tidak salah adalah satu kandungan, bukan satu benih. Ini kalau mau konsekuen dengan bahasanya.

Dan dalam hukum Islam, satu ibu lain ayah itu istilahnya adalah Akh li Umm. Sedangkan satu ayah lain ibu istilahnya adalah Akh li Abb. Dan kalau satu ayah dan satu ibu, maka istilahnya adalah akh syaqiq.

Ketiga jenis hubungan saudara itu sama-sama menjadikan laki-laki dan wanita sebagai mahram. Dan bila bersentuhan kulit, tidak membatalkan wudhu.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Leave a Reply

%d bloggers like this: