Adu Mengadu Ayam Tanpa Judi, Bolehkah ? – Pertanyaan : assalamulaikum wr.wb ustad gimana hukumnya sambung ayam (adu ayam) tapi tidak pakai uang (judi) jadi cuma sambung ayam aja terima kasih ustadz Walaikum salam Wr.wbTBS 4.77/5 (13)
4.77/513

Konsultasi Sosial Politik :Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Mengadu ayam atau yang lebih dikenal dengan sabung ayam bisa saja tidak untuk judi. Namun meski tidak menggunakan judi, tetapi tetap saha ada unsur penyiksaan terhadap hewan.

Karena secara sengaja hewan-hewan itu dipancing kemarahannya lalu dibiarkan untuk bertarung. Dan pertarungan yang melukai hewan bahkan sampai kepada kematian itu dijadikan hiburan segar para penontonnya.

Padahal Islam telah mengajarkan kita untuk menyayangi hewan dan dilarang untuk menyakitinya. Bahkan disunnahkan ketika menyembelih hewan untuk mengasah atau menajamkan pisaunya, agar meringankan hewan itu atas luka di lehernya.

Bahkan syariat Islam mengharamkan membunuh hewan sembelihan dengan cara dipukul, dibanting atau digencet. Semua itu dianggap bangkai dan haram dimakan dagingnya.

Banyak kisah dalam Islam yang menunjukkan bahwa setiap kita wajib menyayangi hewan, memberinya makan atau sekedar menyelamatkannya dari santapan hewan buas. Karena itu di dalam bab luqathah (barang temuan), kita dianjurkan untuk mengambil hewan-hewan tertentu yang tersesat agar tidak menjadi santapan binatang buas atau agar tidak mati kelaparan.

Sedangkan sabung ayam atau adu domba merupakan kebiasaan buruk yang tercela dan jauh dari bentuk kasih sayang terhadap hewan. Apalagi hanya untuk sekedar hiburan semata. Kalau hewan itu disembelih dengan cara yang sya’i untuk diambil manfaatnya seperti dimakan atau disedekahkan, maka hal itu jelas merupakan kebaikan yang diakui di dalam Islam. Dan tidak ada unsur penyiksaan meski disembelih.

Wallahu a`lam bishshowab. Wassalamu `alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

[ Kirim Pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Istilah Percarian:
hukum adu ayam tanpa judi, hukum mengadu ayam, hukum adu ayam, adu ayam tanpa judi, hukum sabung ayam, hukum adu ayam menurut islam, hadits tentang mengadu binatang, hukum Adu ayam dalam islam, dosa sabung ayam, azab mengadu ayam, dosa mengadu ayam, dosa adu ayam, hukum sabung ayam dalam agama islam, hukum mengadu ayam menurut islam, apakah mengadu ayam itu dosa, mengadu ayam dalam islam, Hukum menyabung ayam, hukum islam sabung ayam, apkah dosa menrut sunah mnyediakan ayam aduan, hukum adu, hukuman untuk orang yang mengadukan hewan, Hukum mengadu, Apakah dosa mengadu ayam tu dosa, apakah boleh mengadu ayam, apa hukum ny sabung ayam dalam agama islam

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: