Nikah Tertunda Karena Menunggu Kakak Menikah Duluan – Pertanyaan : Ass. Wr. Wb, Apakah hukumnya menunda pernikahan karena kakak saya perempuan belum menikah?Jay

Konsultasi Nikah : Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Hukum menikah itu diseusai dengan dengan kondisi masing-masing orang. Terkadang nikah bagi seseorang itu menjadi wajib dan harus segera dilakukan. Namun terkadang wajib tapi tidak mendesak. Terkadang sunnah muakkadah dan terkadang sekedar mubah saja. Bahkan tidak musthail hukum menikah bagi seseorng itu menjadi makruh atau malah haram sekalian. Semua harus dikembalikan kepada kondisi seseorang dan lingkungan atau situasinya.

Nikah yang sudah sampai pada kategori wajib dan harus segera dilaksankan adalah bila pelakunya sudah berada pada bibir jurang zina. Tak ada yang bisa dilakukan lagi untuk menghindari zina kecuali menikah. Maka saat itu hukum menikah menjadi wajib ‘alal faur, wajib yang harus segera dilaksanakan.

Tetapi bila belum sampai kepada kekhawatiran itu, meski wajib hukumnya tapi tidak apa bila harus tertunda karena satu dan lain hal. Contoh yang Anda ajukan yaitu menjaga perasaan kakak wanita Anda yang belum menikah adalah contoh yang tepat. Namun tetap saja perlu didudukkan masalahnya secara lebih rinci. Paling tidak, perlu juga ditentukan limit waktu atas batas sampai kapankah masa toleransi itu diberikan. Jangan sampai Anda menjadi tua bangka dan karatan tidak kawin-kawin lantaran terlalu setia menunggu kakak Anda yang juga belum segera dapat jodoh.

Dalam kasus seperti itu, maka Anda perlu mencarikan jodoh untuk kakak Anda secara serius dan intensif, demi kemaslahatan Anda berdua juga.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Leave a Reply

%d bloggers like this: