Kulit Hewan Qurban Diapakan? – Pertanyaan : Assalamualaikum Wr Wb Ustat yang semoga di rahmati Allah.Selaku panitia qurban kami bingung tentang kulit hewan Qurban. Bolehkah kulit tsb dijual dan uang nya digunakaN UNT.BIAYA OPERASIONAL atau untuk kepentingan lain atau kulit tsb bolehkah diberi kepada tukang potong sebagai upah potong. atas jawaban ustat kami ucapkan jazakallah.Abu Alya

Konsultasi Ibadah :Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Dalam ibadah qurban, panitia qurban berbeda sifatnya dengan panitia zakat atau amil zakat. Dalam zakat, amil zakat berhak mendapatkan maksimal seperdelapan dari dana zakat yang dikumpulkan. Sedangkan panitia qurban tidak berhak mendaparkan bagian khusus serta tugasnya hanyalah untuk membantu para qurbany dalam memotong hewan qurban dan mendistribusikannya.

Oleh karena itu, Berkaitan dengan kulit hewan qurban yang saudara tanyakan, seharusnya dikonsultasikan dengan para qurbany (orang yang berkurban) karena sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW, mereka berhak mendapatkan sepertiga dari hewan yang disembelih termasuk di dalamnya adalah kulit.

Rasululloh SAW bersabda: :”makanlah, berikan kepada yang lain dan simpanlah (daging hewan kurban” (Bukhori: 5567)

Panitia tidak boleh menjual kulit hewan tersebut untuk menutupi biaya operasional termasuk didalamnya untuk upah pemotongan hewan. Jika memang dibutuhkan dana operasional, maka sebaiknya panitia meminta dari para qurbany.

Wallahu a`lam bishshowab. Wassalamu `alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

[ Kirim Pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: