Doa Sebelum Tidur – Pertanyaan : bismillahirrahmanirrahiem, doa sebelum tidur yang saya tahu itu ada 3, yaitu: 1. bismika alahumma ahya wa amuut 2. allahuma bismika ahya wa amuut 3. bismika allahumma wa bismika amuut pertanyaan saya, yang mana diantara doa-doa tersebut yang haditsnya paling shahih? jazakumullah khairan katsiraRania

Konsultasi Ibadah : Jawaban:

Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Washshalatu Wassalamu ‘Ala sayyidil Mursalin

Wa ‘alaa ‘Aalihi Wa Ashabihi ajma’ien. Wa Ba’du

Do’a ketika akan tidur itu banyak sekali antara lain:

A. Dari Abu Hurairah Ra ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Apabila salah seorang diantara kalian bermaksud untuk tidur, hendaklah ia meniup tempat tidurnya abagian dalam selimutnya karena ia tidak tahu apa yang ada di belakangnya kemudian hendaklah ia berbaring ke sebelah kanan kemudian hendaklah ia berdo’a : “Bismika Rabbi Wadho’tu Janbi Wabika Arfa’uhu. In Amsakta Nafsii Farhamhaa Wa In Arsaltahaa fahfadzhaa Bimaa Tahfadzu Bihi ‘Ibadakas Sholihiin” (Dengan menyebut Nama Rabbku Aku meletakan lambungku dan dengan menyebut-Mu akau mengangkatnya. Jika Engkau mengambilnya maka rahmatilah ia dan jika Engkau melepaskannya maka jagalah ia sebagaimana engkau menjaga hamba-hamba-Mu yang shalih) (HR. Bukhari No. 6320 dan Muslim No. 2714)
B. Dari Hudzaifah bin Al-Yaman Ra ia berkata: Nabi SAW jika bermaksud untuk tidur biasa membaca do’a : “Bismika Allahumma Amutu Wa Ahya” (Dengan menyebut Nama-Mu Ya Allah aku mati dan Aku hidup) (HR. Bukhari No. 6312 dan Ahmad No. 22760)

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Leave a Reply

%d bloggers like this: