Nyadran, Nyekar, Ziarah Menjelang Ramadan – Pertanyaan : Adakah keterangan nash Alquran maupun hadis tentang tradisi nyadran, nyekar atau berziarah ke makam kerabat menjelang Ramadan ? Mohon segera dijawab, mumpung belum Ramadan. Jazakumullahu khaira JazaaAbu Ihya

Konsultasi Sosial Politik :Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Tradisi itu memang tidak disebutkan di dalam Al-Quran Al-Karim maupun dalam hadits Rasulullah SAW. Kami tidak menemukan dalil bahwa Rasulullah SAW atau para shahabat melakukan nyekar atau nyadran serta berziarah ke makam keramat menjelang bulan ramadhan. Sebagaimana kami juga tidak mendapatkan dalil yang memerintahkan kita untuk berziarah kubur pada hari raya ‘Ideul Fitri. Itu semua merupakan tradisi yang tidak ada kaitannya dengan perintah syariah Islam yang lurus.

Meski pun demikian, Islam tidak melarang seseorang untuk berziarah kubur atau melakukan silaturrahim dengan sanak saudara.

Dahulu memang ziarah kubur itu pernah dilarang namun kemudian dibolehkan. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW tentang ziarah kubur :

“Dahulu Aku (Rasulullah SAW) melarang kalian ziarah kubur, namun sekarang silahkan berziarah kubur”. (HR. Muslim dan merupakan hadits Shahih dan terdapat dalam syarah imam Nawawi)

Untuk itu hendaklah apa yang kita lakukan saat berziarah kubur harus sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW. Salah satunya adalah mengucapkan salam kepada ahli kubur dengan salam yang diajarkan oleh Rasulullah SAW :

Assalamu alaikum ya ahlad diyari minal mu’minin wal muslimin, wa inna insyaa Allahu bikum lahiqun. As’alullaha lana wa lakum al-‘afiyah.

Assalamu ‘alaikum wahai penduduk kuburan orang beriman dan orang Islam, Inysa Allah kami akan menyusul kalian. Aku meminta bagi kami dan kalian keselamatan. (HR. Muslim).

Sedangkan perbuatan meminta kepada kuburan atau meminta kepada ruh orang yang sudah mati adalah perbuatan yang diharamkan karena bisa dikategorikan syirik. Termasuk juga mengusap-usap kuburan dengan tujuan bisa mendapatkan barakah dan kekayaan atau menjadi lancar usahanya, minta diberi jodoh atau lulus ujian adalah teramsuk perbuatan yang diharamkan.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: