3 Menit Bisa Belajar Bersepeda

Hari minggu kemarin, tgl 4 Nopember 2012 adalah hari bersejarah buat anak kedua saya: Rasyid Al-Hafizh. Sudah lama saya ingin sekali dia belajar sepeda, namun dia selalu menolak, alasannya : “dede belum bisa, dede masih kecil”, sambil diucapkan dengan bahasa yang masih terdengar lucu. Saya sebagai ayahnya selalu memberi semangat, hingga sebuah janji, bila sudah bisa sepeda, maka akan dibelikan sepeda baru. Namun tetap saja dia tidak mau belajar.

Namun entah kenapa, hari Minggu kemarin rasanya hati saya seperti begitu bersemangat, kemudian sambil bercanda dengannya dikasur, saya katakan: “ayo Rasyid sekarang kita belajar sepeda!”. Dia menjawab, “sekarang udah panas abi” (maksudnya hari sudah siang). Saya katakan lagi, “Tidak apa-apa, nanti abi beliin es-cream”. Dia menjawab, “Ngga mau.”. Saya terus merayu, akhirnya dia berkata, “ya udah mau, tapi dibeliin yoghurt.” Senang sekali saya, karena jarang-jarang dia mau belajar sepeda. Selama ini banyak saja alasannya, misal takut jatuh, pengen makan dulu, masih kecil, dsb.

Akhirnya, saya bawa sepeda dan anaknya ke lapangan terdekat sambil bawa video digital camcorder, kemudian saya buka roda sepeda samping (roda bantu) menggunakan kunci 15. Langsung praktek sendiri, tanpa dibantu, dia berusaha mengayuh sepeda. Alhamdulillah, dalam waktu 3 menit, tidak saya sangka: Akhirnya dia bisa mengayuh sepeda 3 kayuh lebih. Saya abadikan proses dia belajar sepeda dalam video berikut ini: http://youtu.be/S6L5YN2g3mU.

Bagi saya, ini adalah video berisi metode tercepat untuk mengajarkan anak belajar bersepeda. Saya abadikan dalam HD Video, ketika saya mengajarkan anak kedua saya: Rasyid Al-Hafizh. Karena sebelumnya, saya tidak merekam video kakaknya ketika belajar sepeda menggunakan metode ini, namun demikian Alhamdulillah kakaknya bisa bersepeda selama 2 hari, yang menurut saya itu pun waktu yang cukup singkat dalam belajar sepeda. Silahkan lihat hasil pengalaman kakaknya ini di: http://trendmuslim.com/pengalaman-mengajarkan-anak-belajar-naik-mengendarai-sepeda/ . Sedangkan untuk Rasyid, Alhamdulillah bisa bersepeda hanya dalam waktu 3 MENIT saja. Ini adalah metode tercepat selama saya mengajarkan anak bersepeda. Ada juga orang lainnya yang menggunakan roda penyangga 1 dahulu, lalu dia mendorong anaknya dengan sambil memegangi sadel (jok). Namun dengan metode ini, anak jadi bertumpu keseimbangan badannya ke sebelah yang ada roda bantunya, sehingga keseimbangan badannya kurang maksimal.

Berikut ini saya rangkum metode tercepat dalam mengajarkan anak bersepeda, yakni sbb:

  • Copot kedua roda penyangga (roda bantu) yang terdapat disebelah kanan dan kiri ban belakang.
  • Tanamkan rasa berani kepada anak dan beri semangat selama berlatih.
  • Kaki kiri anak ada ditanah, dan kaki kanan dipedal.
  • Dorong sepeda dengan kaki kiri, kemudian kaki kanan sambil mengayuh pedal.
  • Ulangi terus menerus, hingga bisa mengayuh hingga 2 kayuhan, 3 kayuhan, atau bahkan lebih.
  • Jangan dibantu, biar belajar / usaha sendiri.
  • Gunakan sepeda yang kedua kakinya bisa menyentuh tanah, artinya sepedanya harus sesuai ukuran dan tingginya dengan anak.

Video yang saya upload ini real, tanpa rekayasa dan tanpa diedit dahulu. Sesaat sebelumnya, saya copot kedua roda bantu menggunakan kunci pas no 15, kemudian saya merekam anak saya yang berusaha belajar sepeda menggunakan Digital Video Camcorder. Subhanallah walhamdulillah, tiada daya dan kekuatan, kecuali karena pertolongan Allah SWT.

Silahkan Anda praktekkan, dan jangan lupa berdo’a dahulu agar anak kita dimudahkan oleh Allah dalam belajar sepeda.

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: