Berkelahi Dengan Jin – Pertanyaan : Ass. wr.wb. Bagaimana hukumnya: memasuki rumah baru dengan cara memanggil ahli agama untuk mengeluarkan jin2 yang ada didalam rumah itu. Kebetulan ada teman saya ( aktifis PK ) yang menjalankan ritual itu. Caranya sang ustad membaca surat2 tertentu, lalu jin2 yang ada diancam agar bertobat, masuk islam,atau dihancurkan. Dalam pelaksanaannya karena ada jin yang melawan maka terjadi perkelahian antara sang ustad dengan jin2 tsb. Jadi ustadnya separti orang main silat sendirian sambil baca ayat2 Quran. Mohon penjelasan sekiranya ada ayat Quran atau hadits yang membenarkan tindakan seperti itu. Wass. wr.wb. Indro Saswanto

Konsultasi Aqidah : Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Syeikh Wahid Abdus Salam Bali dalam kitab beliau Wiqayatul insan minal jinni wa sysyaitan menyebutkan bahwa ada kemungkinan seseorang berdialog dan berkomunikasi dengan jin. Serta melakukan perdebatan dan mengajak jin itu untuk masuk Islam. Termasuk berkelahi dan melakukan serangan-serangan secara fisik.

Beliau sendiri adalah seorang yang cukup berpengalaman melakukan hal itu dan telah melakukannya berulang-ulang, hingga cukup banyak jin itu yang masuk Islam dan kembali ke jalan yang benar.

Ayat atau hadits yang menyebutkan hal itu ada meski tidak persis seperti yang Anda ceritakan. Misalnya hadits berikut ini :

Dari Aisyah ra bahwa Rasulullah SAW sedang shalat lalu didatangi oleh syaitan lalu beliau mengambilnya dan mencekiknya. Rasulullah SAW berkata,”Hingga aku merasakan dinginnya lidahnya di tanganku”. HR. An-nasa`i dengan isnad atas syarat dari bukhari)

Yang penting orang yang melakukan ruqyah itu selalu berpegang kepada petunjuk Rasulullah SAW dan aturan syariah Islam. Karena terkadang, bila tidak hati-hati, dia bisa terjebak untuk melakukan prkatek yang tidak masyru’ sehingga alih-alih mengusir jin, justru dia sendirilah yang terpedaya oleh jin itu.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Leave a Reply

%d bloggers like this: