Beda Antara Hadits Shohih & Hadits Marfu’ – Pertanyaan : 1. apa perbedaan antara hadits shohih dengan hadits marfu’ ? 2. untuk mempelajari ilmu hadits buku apa yang harus dimiliki ? terima kasih atas jawabannya.Erus 5/5 (1)
5/51

Konsultasi Masalah Umum :Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Hadits Shahih

Hadits shahih adalah hadits yang diriwayatkan oleh para perawi yang memenuhi syarat pokok yaitu al-`adalah dan Dhabit .

Al-Hafiz Ibnu Hajar menyebutkan pengertian shahih sebagai :
“Hadits yang diriwayatkan oleh perawi yang adil dan sempurna kekuatan ingatannya (`adil dan taammudh-dhabit), sanadnya terus bersambung (muttashilus sanad) serta tidak ada cacat (mu’allah) dan tidak syadz (ganjil atau bertentangan dengan dalil yang lebih kuat baik hadits mutawatir maupun ayat Al-Quran. (lihat kitab Nukhbatul Fikar).

Sehingga bila kita bedah, paling tidak ada 5 syarat utama agar suatu hadits itu bisa dikategorikan shahih :

  1. Semua perawinya `adil dari perawi terakhir hingga ke Rasulullah SAW
  2. Semua perawinya dhabit dari perawi terakhir hingga ke Rasulullah SAW
  3. Tidak ada cacat (`illat) di dalamnya.
  4. Tidak ada syadz (berlawanan dengan riwayat yang lebih rajih seperti ayat Al-Quran dan hadits mutawatir).
  5. Bersambung-sambung sanadnya (muttashil).

Al-‘Adalah maknanya bahwa perawi itu memiliki sifat dan pribadi yang baikdan dhabit maknanya adalah bahwa perawi itu memiliki ingatan yang kuat.

Untuk memudahkan umat Islam, para ulama hadits dahulu telah bekerja keras melakukan penelitian atas semua hadits yang ada. Dan hasilnya adalah kitab shahih bukhari dan muslim. Khusus shahih bukhari, adalah kitab yang telah disepakati semua umat Islam tentang keshahihannya. Di dalamnya terdapat sekitar 9.082 hadits dengat hitungan yang diulang-ulang hasil perasan dari sekitar 600.000 hadits. Menurut sebuah penelitian, bila tidak diulang-ulang, maka hadits itu jumlah ada 2.607 buah.

Al-Bukhari menghabiskan waktu tidak kurang dari 16 tahun lamanya melakukan mega proyek ini. Karya beliau pun sudah ditashhih (diperiksa) oleh tidak kurang dari 90.000 ulama hadits di masa beliau hidup.

Kitab shahih bukhari ini disepakati umat Islam sepanjang masa sebagai kitab tershahih setelah Al-Quran Al-Karim.

Hadits Marfu`

Para ulama telah membuat pengertian hadits marfu` sbb :
”Apa yang disandarkan kepada Rasulullah SAW baik perkataan, perbuatan atau taqrir baik sanadnya bersambung, tidak tersambung atau mu`dhal” .

Ada juga yang memberi pengertian bahwa : ”Hadits yang dinaql kepada nabi SAW dengan mengisnadkan dan merafa`kannya kepada beliau:.

Al-Khatib Al-Bahgdadi memberi pengetian hadits marfu` adalah Hadits yang dikabarkan shahabat tentang perbuatan Rasulullah SAW dan perkataannya:.

Jadi hadits marfu` itu ada yang sanadnya tersambung sampai kepada Rasulullah SAW dan ada yang tidak tersambung. Yang tidak tersambung tentu saja tidak termasuk shahih. Tidak semua hadits yang marfu` itu shahih tapi hadits shahih haruslah marfu`.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: