Buang Angin Saat Shalat Jamaah, gimana dong ? – Pertanyaan : Assalaamu’alaykum wr.wb, Saya punya beberapa pertanyaan seputar ibadah : 1. Bila kita buang angin ketika sedang sholat, haruskah kita hentikan sholat kita lalu wudhu & mengulang dari awal? Bagaimana bila kita sedang di tengah sholat jama’ah? Sebab, terkadang ada angin yang sulit utk ditahan… 2. Benarkah ketika sedang berwudhu kita dimakruhkan berbicara? Adakah dalilnya? Jazakallahu kahyran… Wassalaam, Abu LuthfiAbu Luthfi

Konsultasi Ibadah :Jawaban:

Assalamu `Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Al-hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Ala Sayyidil Mursalin, Wa ba`d

Kentut atau buang angin termasuk salah satu hal yang membatalkan wudhu` dan juga shalat, sehingga seorang yang sedang shalat lalu mengalami hal itu, batallah shalatnya.

Untuk itu dia harus berwudhu` lagi dan mengulangi shalatnya dari awal. Dan bila hal itu terjadi ketika Anda sedang shalat jamaah, maka saat itu yang harus Anda lakukan adalah keluar dari shaf/barisan shalat.

Namun harus dipoerhatikan bahwa Anda tidak boleh lewat di depan orang yang sedang shalat, kecuali ada batas yang membolehkan seseorang lewat di depannya. Bila kita lihat pola mengaturan shaf di Masjid Al-Haram Mekkah, maka setidaknya masih ada lorong untuk orang bisa lewat tanpa harus memotong orang yang sedang shalat. Namun di negeri ini di kebanyakan masjid memang sudah dibuat agar shaf-shat itu saling bertumpukan sehingga bila ada seorang yang mengalami hal seperti itu, dia hanya bisa diam saja sambil menunggu selesainya shalat.

Khusus dalil tentang keluarnya angin yang bisa membatalkan wudhu`, Rasulullah SAW telah bersabda sbb :

Dari Abu Hurairah ra. Berkata, Rasulullah saw. bersabda:” Jika seseorang mendapatkan pada perutnya sesuatu, dan ia ragu apakah keluar angin atau tidak, maka janganlah keluar dari masjid sehingga mendengar suara (kentut) atau merasakan keluar anginnya” (HR Muslim).

Wallahu a`lam bis-shawab.
Wassalamu `alaikum Wr. Wb.

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: