Penggunaan Fasilitas Kantor – Pertanyaan : Assalamu’alaikum wr. wb. Ustadz, saya ingin minta penjelasan tentang penggunaan fasilitas kantor (Dalam hal ini komputer, telepon, internet, printer dll) bukan untuk keperluan pekerjaan. Apakah hal ini ada batasan ataukah memang dilarang? Dan apabila di kantor saya, karyawan diberikan pulsa telepon 200rb, apakah hal sb sudah membolehkan kita untuk memakainya dengan catatan tidak melebihi pulsa 200rb tadi? Wassalamu’alaikum wr.wb.Nugroho

Konsultasi Masalah Umum :Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.

Urusan kebolehan penggunaan fasilitas kantor ini sangat ditentukan pada aturan yang berlaku di kantor tersebut. Bila seorang karyawan pada level tertentu diberikan fasilitas untuk bertelpon keluar dengan catatan tidak melebihi pulsa tertentu, maka bila dia memakainya tidak mengapa. Karena memang sudah ada jatahnya.

Pada perusahaan tertentu memang ada fasilitas seperti itu. Jadi para karyawan diberi hak untuk bertelepon keluar sebatas nilai nominal tertentu, baik untuk urusan kantor atau pribadi.

Yang agak repot adalah bila tidak ada aturan yang jelas akan hal itu. Sehingga ketika seseorang menggunakan fasilitas itu, apakah statusnya sebagai fasilitas yang didapat atau mencuri secara sembunyi-sembunyi. Inilah yang sesungguhnya harus ditegaskan.

Namun bila ingin sama sekali bebas dari semua kerancuan itu, anda bisa menelepon lewat HP pribadi. Sehingga tidak akan ada pertanyaan atas tagihan.

Wallahu a`lam bis-shawab.

Wassalamu `alaikum Wr. Wb.

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: