Hukum Zina Bagi yang Belum Baligh – Pertanyaan : ass Gimana hukumnya anak kecil yang melakukan hubungan seksual, tapi anak tersebut belum tahu tentang hukumnya berzina. wass

Konsultasi Masalah Umum : Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.

Sayang sekali pertanyaan anda bagus tapi tanpa mencantumkan sedikitpun identitas anda walau hanya satu huruf. Seharusnya pertanyaan ynag tidak lengkap identitas penanyanya tidak berhak untuk dijawab. Namun sekali ini kami bermurah hati untuk memberikan tanggapan atas pertanyaan ‘kaleng’ ini. Tapi maaf bila selanjutnya tidak akan ditanggapi.

Hukuman hudud bagi pezina hanya berlaku bila pelakukanya adalah muslim yang sudah baligh. Sedangkan yang belum baligh, tidak dihukum hudud. Bentuk hukuman ini isitlahnya ta`zir. Ketentuannya harus lebih ringan dari hukum hudud.

Hudud zina buat mereka yang belum pernah menikah sebelumnya adalah cambuk 100 kali dan diasingkan setahun ke luar negerinya. Dan buat yang sudah pernah menikah sebelumnya adalah hukum rajam hingga mati.

Dalam hukum ta`zir, hakim dalam hal ini bisa memberi hukuman pelajaran yang dikira sesuai dengan tingkat kesadaran dan kecerdasan anak tersebut. Misalnya hukuman ytang biasa diberikan buat usia anak tersebut. Jadi tidak berarti bebas hukuman secara total. Karena ini untuk memberikan pelajaran.

Dalam hal yang sama, bila seorang anak telah berusia 10 tahun dan tidak mau shalat, maka orang tuanya berhak untuk memukulnya. Meski sesungguhnya anak itu belum diwajibkan shalat karena belum baligh.Dan bila anak itu berzina, maka hakim berhak menghukumnya sesuai dengan pertimbangan dan tujuan pendidikan dan pembinaan. Bentuknya bisa bermacam-macam tergsntung ijtihad para hakim.

Wallahu a`lam bis-shawab.

Wassalamu `alaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

%d bloggers like this: