Hukum Nasyid – Pertanyaan : – Pertanyaan : Assalamu‘alaikum WW, Ustadz yang dirahmati Allah, Ana banyak dengar kalau nasyid itu boleh karena syair – syair nya tidak menjurus ke perbuatan maksiat.Tapi Ustadz, akhir – akhir ini banyak bermunculan grup – grup nasyid yang pada akhirnya suka atau tidak menjadikan para munsyid menjadikan nasyid sebagai lahan untuk dapat uang.Bagaimana hukumnya ini? Yang kedua Ustadz rahimahullah, kecendrungan yang ana perhatikan banyak ikhwan yang menjadikan nasyid sebagai hiburan tetap misalnya tiap pagi membunyikan nasyid di tape – tape atau tiap sore hari.Apakah dibolehkan menjadikan nasyid sebagai hiburan tetap, masalahnya Ustadz rahimahullah, dengan nasyid pun kita bisa terlena sehingga menjadikan hidup ini lebih santai bukankah santai yang dibolehkan dalam islam itu hanya dua ( bercanda dengan keluarga dan olahraga kecil ) Bagaimana tanggapan ustadz terhadap hal ini?Terakhir ustadz rahimahullah Bolehkah bernasyid dengan memakai alat – alat berdawai seperti gitar. Wassalamu‘alaikum wa rohmatullah wa barokatuhu.Hamba Allah

Konsultasi Masalah Umum :Jawaban:

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Kami sependapat dengan anda bahwa Nasyid, sebenarnya dibolehkan, tapi kalau terlalu berlebihan, maka dapat melalaikan . Oleh karena itu seorang muslim apalagi da’i harus sadar bahwa kewajiban lebih banyak dari waktu yang tersedia. Kenapa hanya sibuk dengan sesuatu yang hanya dibolehkan dan lupa pada kewajiban.

Jumhur ulama hanya membolehkan Nasyid yang menggunakan duf (alat pemukul) walaupun sebagian ulama yang lain membolehkannya. Wallahu a‘lam bis-shawab.

Pusat Konsultasi Syariah

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: