Dasar Perhitungan Cicilan Pinjaman Murobahah – Pertanyaan : Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pak Ustadz, saya ingin menanyakan apakah dasar perhitungan pinjaman Murobahah dari bank2 syariah. Karena saya pernah menanyakannya dan dijawab dasar mereka adalah margin yang besarnya antara 18-20%. Lalu apakah bedanya hal ini dengan bunga bank konvensional? Terlebih lagi dari simulasi cicilan yang saya peroleh ternyata besarnya cicilan dari bank syariah jauh lebih besar dari bank konvensional yang tentunya hal ini sangat memberatkan. Terimakasih atas bantuannya. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.Tri Wijayanto

Konsultasi Muamalat :Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

Margin yang besarnya 18-20 % itu menjadi halal bila dihitung dari besarnya keuntungan yang akan diperoleh. Bukan dari nilai uang yang dipinjamkan oleh pihak bank.

Bila pihak bank menetapkan margin 18-20 % dari uang yang dipinjamkannya kepada peminjam, maka itu adalah akad ribawi. Dan tentunya haram dilakukan meski yang melakukannya adalah sebuah bank yang menyandang predikat bank syariah. Sebab transaksi itu adalah transaksi ribawi yang paling asli sejak masa nabi. Dan transaksi itulah yang telah diharamkan secara total dalam Al-Quran.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman.(QS. Al-Baqarah : 278)

Pastikan bahwa nilai margin yang ditetapkan oleh bank itu bukan dari besarnya uang yang dipinjamkan, tetapi dari keuntungan yang akan didapat.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: