Azab Kubur – Pertanyaan : Assalamualaikum wr wb. Teruntuk Ustadz-Ustadz YTH: dari jauh ana kepingin tanya masalah azab kubur, sebagian orang bilang, azab kubur dijatuhkan bagi seluruh ummat manusia, menurut yang ana pernah baca dan mendengar dari majelis-majelis dakwah, hanya bagi orang-orang Islam, mana yang sohih hadits dalam hal ini. Wassalam wr wb. Hasan Saleh AldjaidiHasan Saleh Aldjaidi, Amsterdam

Konsultasi Aqidah :Jawaban:

Azab kubur berlaku pada semua orang baik muslim atau non-muslim. Karena semua orang mukallaf akan ditanya tentang imannya selama di dunia, tentang siapa tuhannya, nabinya, kitab sucinya, lalu baru ditanya tentang shalatnya dan lainnya.

Semua itu tidak terbatas pada muslim saja, karena bila hanya terbatas pada muslim saja, pertanyaannya tidak perlu tentang siapa tuhan, nabi dan kitab suci, karena semua muslim mengakui hal itu.

Dan bila ternyata mayat tersebut lulus dalam pertanyaan, maka selama di kubur menunggu hari kiamat, dia akan menerima mikmat dan karunia dari Allah. Dan begitu juga sebailknya.

Wallahu a‘lam bis-shawab.

Pusat Konsultasi Syariah

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: