Ahli Kitab 3 – Pertanyaan : Assalaamu‘alaikum.. Pak Ustadz, saya belum merasa puas dengan dua jawaban mengenai ahli kitab. Jawaban terdahulu menyetakan bahwa tidak ada perbedaan antara ahli kitab zaman Rasulullah SAW dengan saat ini. Pada saat ini orang Nasrani jelas telah mengakui trinitas. Jika Ahli kitab tetap sama sepanjng zaman, apakah ini berarti saat ini diperbolehkan orang muslim menikah dengan ahli kitab yang nasrani? Mohon tanggapan. Terima kasih. Wassalaamu‘alaikum 3

Konsultasi Aqidah : Jawaban:

Ya, secara fikih syariah memang dibolehkan seorang laki-laki muslim menikahi wanita ahli kitab di zaman ini. Karena hukumnya memang tidak berubah secara formal.

Hanya saja ada pertimbangan lain yang juga harus dicermati, yaitu ketika seseorang berkeluarga, salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Termasuk mendidik generasi yang Islami.

Semua itu sulit dilakukan ketika ibu anak-anak itu tidak beragama Islam. Bagaimana si ibu akan mengajari mereka shalat, mengaji, doa-doa dan berbagai aktifitas keislaman?

Karena meski secara hukum halal, namun juga perlu dipertimbangkan hal-hal lainnya.

Wallahu a‘lam bis-shawab.

Leave a Reply

%d bloggers like this: