Bolehkan Zakat Sebelum Sampai Nisab? – Pertanyaan : Assalamu’alaikum wr. wb. Bagaimnakah hukumnya mengeluarkan zakat sedangkan harta yang dimiliki belum sampai nisabnya? sebagai contoh saja jika ingin menzakati penghasilan/pendapatan tiap bulannya sedangkan pendapatan tersebut belum sampai nisab pada tiap-tiap bulannya? apakah masih bisa dikategorikan dalam amal zakat?Mario

Konsultasi Ibadah : Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillah, Washshalatu wassalamu `ala Rasulillah, wa ba’d.

Kalau Anda ingin mengerjakan ibadah maliyah atau ibadah yang terkait dengan memberikan sebagian harta kepada orang lain, Anda punya banyak sekali pilihan jenisnya. Zakat profesi hanya salah satu di antara sekian banyak jenis ibadah maliyah.

Selain itu ada infaq sunnah, ada sedekah untuk umum, untuk masjid, madrasah, anak yatim, biaya pendidikan dan seterusnya. Termasuk infaq untuk kepentingan umum seperti ikut menyumbang pembangunan jalan, perbaikan saluran air dan seterusnya. Semua itu bisa menjadi bagian dari bentuk ibadah maliyah yang tentunya pasti mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT.

Juga ada waqaf, hibah, wasiat dan seterusnya masih banyak lagi. Semakin banyak seseorang beribadah kepada Allah SWT, tentu semakin banyak pula balasan yang akan diterimanya kelak.

Khusus dalam masalah zakat, ibadah yang satu ini memang punya spesifikasi khusus. Misalnya nishab, waktu untuk membayarnya, haul (masa waktu setahun), mustahiq khusus dan lainnya. Maka sebaiknya Anda tidak melakukan ibadah zakat bila tidak memenuhi aturan yang sudah baku.

Sebagai gantinya, Anda boleh berinfaq secara umum yang tidak ada aturan yang mengikat. Berapa pun yang Anda keluarkan, seberapa kaya Anda dan siapapun yang menerimanya, bila diluar zakat, tidak ada masalah.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Leave a Reply

%d bloggers like this: