FIDYAH Diganti Full Satu Bulan Atau ….. ???? – Pertanyaan : Assalamua ‘alaikum wr wb. Ustadz PKS, setelah saya baca semua jawaban & pertanyaan mengenai hal tersebut diatas (fidyah) masih ada yang kurang yaitu mengenai jumlah hari yang dibayarkan apakah full satu bulan penuh atau dipotong jumlah harinya dengan hari selama masa haid untuk wanita yang sedang menyusui dengan asumsi selama masa haid akan di qadha pada bulan setelah ramadhan. Terima kasih atas jawabannya. Wassalamu ‘alaikum wr wbMoh. Irfan

Konsultasi Ibadah :Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillah, Washshalatu wassalamu `ala Rasulillah, wa ba’d.

Fidyah itu adalah pengganti puasa bagi orang tua yang tidak kuat puasa lagi atau wanita hamil / menyusui. Besarnya fidyah itu adalah satu mud dengan mud nabi. Setiap satu mud digunakan untuk membayar puasa yang ditinggalkan selama sehari. Maka kalau tidak puasa selama 30 hari, membayar 30 mud.

Sebagian ulama seperti Imam As-Syafi`i dan Imam Malik menetapkan bahwa ukuran fidyah yang harus dibayarkan kepada setiap satu orang fakir miskin adalah satu mud gandum sesuai dengan ukuran mud Nabi SAW.

Sebagian lagi seperti Abu Hanifah mengatakan dua mud gandum dengan ukuran mud Rasulullah SAW atau setara dengan setengah sha` kurma/tepung atau setara dengan memberi makan siang dan makan malam hingga kenyang.

Ukuran mud adalah ukuran tapak tangan manusia untuk memuat atau manmpung bahan makanan, seperti gandum, kurma dan lainnya. Kira-kira kalau diukur dengan ukuran zaman sekarang akan menjadi 0.675 Kg atau 0.688 liter bahan makanan.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

[ kirim pertanyaan ]

Beri Nilai Artikel Ini:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: